Saksikan Peluncuran Batik Motif Tanara, Wapres Ma’ruf Amin Minta KDEKS Banten Kembangkan Produk Lokal Hingga Pasar Global

Banten, WACANA.ID – Dalam kesempatan Silaturahmi Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten yang diselenggarakan pada Sabtu (04/05/2024), di Pesantren An-Nawawi Tanara, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin turut menyaksikan peluncuran motif batik Tanara.

Menurutnya, target KDEKS di berbagai wilayah Indonesia adalah mendorong perkembangan produk lokal berbasis ekonomi dan keuangan syariah seperti batik motif Tanara ini.

“Targetnya kita kembangkan sesuai potensi daerah masing-masing. Masing-masing daerah kan ada potensi lokalnya. Dan ada produk-produk yang untuk pasar lokal, dan ada yang untuk pasar global. Kita arahkan begitu,” tutur Wapres saat memberikan keterangan pers usai acara.

Dalam acara ini, Wapres yang didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin mengenakan batik bercorak bunga dan sayap garuda dengan dominasi kain berwarna kuning kunyit. Ia menilai, batik dengan motif Tanara tersebut membuatnya tampak lebih muda. Ia pun meyakini bahwa produk lokal seperti batik motif Tanara ini akan dapat berkembang.

“Ternyata banyak respon bagus, karena itu akan terus dikembangkan dengan motif-motif yang lain dan berkolaborasi dengan banyak pihak, seperti desainer, dan yang lain, untuk supaya motifnya lebih menarik lagi,” urai Wapres.

“Selanjutnya kita akan kembangkan melalui marketplace dan juga melalui podcast-podcast yang biasa dikembangkan itu dan juga melalui jaringan dari KDEKS sendiri,” imbuhnya.

Wapres juga menuturkan kepada awak media, batik motif Tanara ini merupakan salah satu contoh gerakan produk lokal. Sebagaimana hal ini sering ia sampaikan saat menyaksikan pengukuhan KDEKS. Ia berharap 8 daerah yang belum memiliki KDEKS akan segera membentuk KDEKS dan mengembangkan potensi daerahnya.

Mendampingi Wapres dalam keterangan pers kali ini, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Ketua KDEKS Provinsi Banten Siti Ma’rifah, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. (DMA/SK-BPMI, Setwapres)