Berita  

Pertamina Retail Kembali Lanjutkan Program Literasi Sejak Dini di SD Negeri Nelayan Cisolok-Sukabumi

Jakarta, 11 Mei 2024 – Kali ini PT Pertamina Retail bersinergi dengan SD Negeri Nelayan Cisolok, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan peresmian Pojok Baca pada Selasa (07/05). Kegiatan ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang bertujuan untuk mempermudah akses dalam membaca buku guna mendukung minat dan keterampilan membaca bagi para siswa sekolah dasar.

SD Negeri Nelayan dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan TJSL karena letaknya yang dekat dengan SPBU COCO 31. 433.01 Cisolok-Sukabumi dan menjadi lokasi kedelapan setelah sebelumnya hadir di tujuh sekolah dasar negeri di Kecamatan Kuta Utara, Bali, dan SDN Leuwi Orok, Sukabumi. Kegiatan ini sekaligus menjadi sarana untuk menjalin hubungan baik dengan para nelayan pelanggan SPBU COCO Cisolok-Sukabumi yang mayoritas memiliki anak dan menuntut ilmu di sekolah tersebut.

Manajer Corporate Secretary & Legal PT Pertamina Retail, Ardhi Widodo, menyebut perusahaan menaruh perhatian yang tinggi pada terlaksananya pendidikan secara merata. Sehingga dengan menambah lokasi pojok baca di SD Negeri Nelayan menjadi bukti bahwa perusahaan peduli dalam memberdayakan sumber daya manusia.

“Dalam rangka menuju peringatan Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei nanti, kami sangat antusias dalam meresmikan pojok baca di SD Negeri Nelayan. Dengan adanya fasilitas baru ini, kami ingin memberikan stimulus bagi para siswa agar lebih semangat dalam mempelajari ilmu pengetahuan baru karena kami percaya bahwa pendidikan merupakan aset utama untuk membangun bangsa,” terang Ardhi.

Ruang pojok baca di SD Negeri Nelayan Cisolok, dilengkapi dengan berbagai buku menarik yang dapat dibaca oleh berbagai tingkatan usia siswa sekolah dasar. Tidak hanya itu, ruangan juga dilengkapi oleh fasilitas pendukung seperti karpet, kursi, rak buku sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman.

Kepala sekolah SD Negeri Nelayan Cisolok, Muhtar Junaedi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Pertamina Retail. “Kami sangat berterima kasih kepada PT Pertamina Retail karena bersedia menghibahkan beragam fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar siswa. Harapan kami, semoga dengan adanya pojok baca, para siswa bisa mendapat metode pembelajaran baru secara informal dan menyenangkan,” ujarnya.

Sebagai perusahaan retail energi nasional, PT Pertamina Retail fokus melakukan kegiatan TJSL yang dilaksanakan secara tuntas, termasuk penyediaan prasarana, perubahan pola pikir, perilaku, tata nilai, dan membekali dengan pengetahuan atau keterampilan masyarakat.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.