Berita  

Pelanggan Dapat Manfaatkan Data Bisnis dalam Solusi Cloud dari SAP Pakai LLMs Kustom

SAP SE (NYSE: SAP) dan NVIDIA (NASDAQ: NVDA) hari ini mengumumkan ekspansi kemitraan yang difokuskan pada percepatan kemampuan pelanggan perusahaan untuk memanfaatkan kekuatan transformatif data dan kecerdasan buatan (AI) generatif di seluruh portofolio solusi dan aplikasi cloud SAP

Kedua perusahaan sedang bekerja sama untuk membangun dan menyampaikan SAP Business AI, termasuk kemampuan AI generatif yang dapat diskalakan dan spesifik untuk bisnis di dalam co-pilot Joule dari SAP dan di seluruh portofolio solusi dan aplikasi cloud SAP – yang semuanya didukung oleh SAP generative AI hub. Generative AI hub dari SAP memfasilitasi kecerdasan bisnis AI yang relevan, andal, dan bertanggung jawab, serta memberikan akses instan ke berbagai model bahasa besar (LLMs).

Sebagai bagian dari inisiatif berkelanjutan SAP untuk membangun AI generatif langsung ke dalam aplikasi yang menggerakkan bisnis di seluruh dunia, kemitraan ini bertujuan untuk membantu pelanggan mengadopsi kemampuan AI generatif secara besar-besaran di seluruh organisasi mereka.

SAP akan menggunakan layanan generative AI foundry dari NVIDIA untuk menyesuaikan LLMs untuk skenario spesifik domain dan mendeploy aplikasi dengan layanan mikro NVIDIA NIM yang baru. SAP dan NVIDIA berencana untuk membuat kemampuan terintegrasi baru ini tersedia pada akhir 2024.

“Pelanggan perusahaan ingin memanfaatkan teknologi terkini yang memberikan nilai bisnis nyata,” kata Christian Klein, CEO and Member of the Executive Board SAP SE. “Kemitraan teknologi strategis, seperti antara SAP dan NVIDIA, merupakan inti dari strategi kami untuk berinvestasi dalam teknologi yang memaksimalkan potensi dan peluang AI untuk bisnis. Keahlian NVIDIA dalam memberikan kemampuan AI secara besar-besaran akan membantu SAP mempercepat laju transformasi dan melayani pelanggan kami dengan lebih baik di cloud.”

“SAP memiliki sumber daya data perusahaan yang sangat berharga yang dapat diubah menjadi agen AI generatif kustom untuk membantu pelanggan mengotomatiskan bisnis mereka,” kata Jensen Huang, Founder and CEO NVIDIA. “Bersama-sama, NVIDIA dan SAP akan membawa AI generatif kustom ke ribuan perusahaan di seluruh dunia yang mengandalkan SAP untuk menggerakkan operasi mereka.”

Memanfaatkan Data Bisnis dan AI Generatif untuk Memajukan wawasan Pelanggan

SAP dan NVIDIA berencana untuk berkolaborasi demi mengintegrasikan AI generatif ke dalam solusi cloud dari SAP, yang mencakup rilis terbaru dari solusi SAP Datasphere, SAP Business Technology Platform (SAP BTP), dan RISE with SAP.

SAP berencana untuk membangun kemampuan AI generatif tambahan dalam SAP BTP menggunakan layanan generative AI foundry dari NVIDIA, menampilkan superkomputasi AI cloud NVIDIA DGX™, perangkat lunak NVIDIA AI Enterprise, dan model Foundation AI NVIDIA. Kemampuan baru ini dirancang sebagai dasar pengembangan dan penyebaran AI generatif untuk pelanggan SAP dan diharapkan dapat diakses di generative AI hub di SAP AI Core dan SAP Datasphere.

Inisiatif AI generatif tambahan meliputi:

● Kemampuan baru untuk co-pilot Joule: Joule dapat memanfaatkan kemampuan retrieval-augmented generation (RAG) yang dibangun oleh NVIDIA dan SAP, yang dapat diimplementasikan di platform hyperscalers terkemuka atau lingkungan cloud SAP sendiri. Sebagai co-pilot AI generatif dalam bahasa alami, Joule membantu pelanggan membuka potensi dalam bisnis mereka dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang memakan waktu dan menganalisis data bisnis kritis dengan cepat untuk memberikan pengalaman yang lebih cerdas dan personal.

● Kasus penggunaan inovatif yang memanfaatkan SAP S/4HANA Cloud, SAP SuccessFactors, dan SAP Signavio: SAP dan NVIDIA sedang menjelajahi lebih dari 20 kasus penggunaan AI generatif di mana perusahaan dapat menggabungkan aset untuk menyederhanakan dan meningkatkan transformasi digital. Di antaranya adalah fitur AI generatif yang dapat mengotomatiskan perencanaan sumber daya perusahaan dengan pencocokan faktur yang cerdas di SAP S/4HANA Cloud; meningkatkan kasus penggunaan sumber daya manusia dengan memanfaatkan SAP SuccessFactors; dan mempercepat wawasan AI generatif baru dari SAP Signavio untuk memproses rekomendasi bisnis dengan lebih baik dan mengoptimalkan proses dukungan pelanggan SAP.

● Menyatukan sumber data AI dengan SAP Datasphere: Dibangun di atas SAP BTP, SAP Datasphere memungkinkan integrasi dan pandangan yang bersatu dari data SAP yang kaya secara semantis dengan data pihak ketiga di seluruh lanskap perusahaan untuk membantu pelanggan beradaptasi lebih cepat dengan perubahan pasar dan membuat keputusan yang lebih efisien dan terinformasi. Dengan SAP Datasphere, pelanggan dapat mengakses dengan percaya diri sebuah kain data berkualitas tinggi menggunakan model AI dan machine learning (ML). Untuk mempercepat kemampuan machine learning federasi SAP untuk SAP Datasphere, NVIDIA dan SAP memfasilitasi akses yang lebih mudah ke data bagi ilmuwan data dan meningkatkan kinerja beban kerja ML dengan dukungan platform komputasi yang dipercepat dari NVIDIA dan perangkat lunak sains data NVIDIA AI Enterprise seperti NVIDIA RAPIDS.

● Menggunakan LLMs untuk bahasa pemrograman ABAP: Untuk membantu pengembang dalam membuat kode bahasa yang spesifik domain, SAP berencana untuk menggunakan layanan foundry AI NVIDIA untuk membantu menyesuaikan LLMs. Ini akan memperluas penggunaan model AI generatif SAP untuk membantu pengembang yang menggunakan ABAP melalui model ABAP Cloud dan model Pemrograman Aplikasi Cloud SAP.

NVIDIA AI Enterprise Menggerakkan AI Generatif Berkualitas Produksi di Seluruh Solusi Cloud dari SAP

Setelah model siap untuk diimplementasikan dalam solusi cloud dari SAP, SAP berencana untuk menggunakan perangkat lunak NVIDIA AI Enterprise, termasuk layanan mikro NVIDIA NIM inference dan layanan mikro NVIDIA NeMo Retriever.

NVIDIA NIM dapat digunakan untuk mempercepat dan memaksimalkan kinerja inference di seluruh infrastruktur yang dipercepat dari SAP. Dengan menggunakan layanan mikro NVIDIA NeMo Retriever, SAP berencana untuk menambahkan kemampuan RAG yang memungkinkan aplikasi AI generatif untuk mengakses data lebih aman yang berjalan di perangkat lunak SAP untuk meningkatkan akurasi dan wawasan. Pelanggan dapat merencanakan penggunaan RAG baik pada data SAP maupun pihak ketiga.

###

Tentang NVIDIA

Sejak didirikan pada tahun 1993, NVIDIA (NASDAQ: NVDA) telah menjadi perintis dalam komputasi dipercepat. Penemuan perusahaan GPU pada tahun 1999 memicu pertumbuhan pasar game PC, mendefinisikan ulang grafis komputer, memulai era AI modern, dan mendorong digitalisasi industri di berbagai pasar. NVIDIA kini merupakan perusahaan infrastruktur komputasi lengkap dengan penawaran berskala data center yang sedang membentuk kembali industri.

Tentang SAP

Strategi SAP adalah membantu setiap bisnis berjalan sebagai perusahaan yang cerdas dan berkelanjutan. Sebagai pemimpin pasar dalam perangkat lunak aplikasi perusahaan, kami membantu perusahaan dari berbagai ukuran dan industri beroperasi dengan yang terbaik: pelanggan SAP menghasilkan 87% dari total perdagangan global. Teknologi pembelajaran mesin, Internet of Things (IoT), dan analitik tingkat lanjut kami membantu mengubah bisnis pelanggan menjadi perusahaan yang cerdas.

SAP membantu memberikan wawasan bisnis yang mendalam kepada orang dan organisasi, serta mendorong kolaborasi yang membantu mereka tetap unggul dalam persaingan. Kami menyederhanakan teknologi untuk perusahaan sehingga mereka dapat mengonsumsi perangkat lunak kami dengan cara yang mereka inginkan – tanpa gangguan.

Paket aplikasi dan layanan kami dari awal hingga akhir memungkinkan pelanggan bisnis dan publik di 26 industri di seluruh dunia untuk beroperasi secara menguntungkan, beradaptasi terus menerus, dan memberikan perbedaan. Dengan jaringan global pelanggan, mitra, karyawan, dan pemikir terkemuka, SAP membantu dunia berjalan lebih baik dan meningkatkan kehidupan orang.