Berita  

Laba Bersih BELL Tumbuh 157% Sepanjang 2023 Didukung Ekspansi Retail

Proses produksi tekstil di PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) (Dok: PT Trisula Textile Industries Tbk)

PT Trisula Textile Industries Tbk (“BELL”), sebuah perusahaan produsen kain berkualitas tinggi dan perdagangan, berhasil meraih pertumbuhan penjualan sebesar 17%, dengan laba bersih meningkat sebesar 157% menjadi Rp 11,5 miliar di sepanjang tahun 2023. Berbagai ekspansi ritel yang dilakukan BELL sepanjang tahun lalu adalah salah satu kontributor peningkatan penjualan dan laba ini.

PT Trisula Textile Industries Tbk, melalui anak perusahaannya PT Mido Indonesia adalah pemegang merek ritel JOBB dan Jack Nicklaus membuka 13 outlet baru sepanjang tahun 2023 untuk menjaring konsumen yang kian aktif bepergian dan mengunjungi pusat perbelanjaan setelah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berakhir.

Selain itu, BELL juga menerapkan pendekatan omnichannel sehingga memiliki kanal penjualan baik offline maupun online untuk mempermudah akses bagi konsumen. Secara total, saat ini BELL memiliki 133 outlet JOBB dan 46 outlet JN.

Setelah membuktikan kesuksesan 13 outlet terbaru tersebut, BELL berencana untuk meneruskan ekspansi retail mereka. Di tahun 2024 ini Perusahaan menargetkan pembukaan 10 cabang baru untuk outlet retail JOBB maupun Jack Nicklaus.

Rencananya cabang-cabang tersebut akan dibuka di lokasi-lokasi strategis dan representatif misalnya mall di daerah yang diproyeksikan memiliki potensi pertumbuhan.

Selain menjual produk ritel pakaian jadi melalui JOBB dan Jack Nicklaus, BELL juga terkenal baik di dalam maupun luar negeri sebagai produsen kain berkualitas dengan beberapa merek ternama seperti Bellini dan Caterina.

BELL juga bisa memproduksi kain dan pakaian sesuai dengan kriteria spesifik dari buyer sambil tetap mempertahankan kualitas dan kepuasan konsumen. Berkat kemampuan ini dan produkproduk inovatif yang mereka hasilkan, BELL berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 538,6 miliar sepanjang tahun 2023.

“Kesuksesan tahun lalu dan rencana ekspansi tahun ini membuat kami cukup optimis akan membukukan pertumbuhan penjualan lagi untuk 2024.” ujar Presiden Direktur BELL Karsongno Wongso Djaja.

Optimisme tersebut juga tercermin dari rencana BELL untuk melakukan buyback saham untuk menjaga likuiditas perusahaan. Di samping rencana pembukaan cabang, di tahun 2024 BELL berencana untuk mengembangkan produk-produk tekstil yang memiliki nilai tambah, memperluas segmen ritel, dan menerapkan cost discipline yang lebih ketat.

Tentang PT Trisula Textile Industries Tbk:

PT Trisula Textile Industries Tbk (“Perseroan”) merupakan perusahaan yang memproduksi kain berkualitas tinggi dan perdagangan produk kain beserta turunannya yang berpusat di Kota Cimahi Jawa Barat. Perseroan memperkuat permodalan melalui pendanaan IPO pada tahun 2017 dengan kode emiten BELL.

Produk utama Perseroan adalah kain atau fabric yang terbuat dari 100% polyester serta kombinasinya dengan rayon dan katun, yang telah dikenal di dalam dan luar negeri dengan berbagai merek antara lain Bellini dan Caterina.

Produk jadi Perseroan berupa kain dan seragam didistribusikan melalui jaringan distribusi Anak Perusahaan. Perseroan juga memiliki bisnis ritel pakaian jadi merek JOBB & Jack Nicklaus.

Pada saat COVID-19 lalu, Perseroan turut memproduksi APD hazmat dan juga Kain Sehat. Tahun ini, Perseroan memproduksi kain dari bahan daur ulang, mencerminkan kemampuan Perseroan dalam beradaptasi dengan perubahan permintaan pasar dan tren yang berubah dengan cepat.

Sampai saat ini, Perseroan telah memiliki berbagai merek dagang untuk produk kain, pakaian jadi dan lain lain. Kualitas atas setiap produk dan merek dagang ini terus dipertahankan bahkan ditingkatkan mutunya yang didukung oleh kompetensi R&D Perseoran, sejalan dengan implementasi kegiatan usaha yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan.