Berita  

Kereta Cepat Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang Di Angkutan Lebaran Perdana 2024

24 April 2024 | Kereta Cepat Whoosh berhasil mengangkut 222.309 penumpang selama periode Angkutan Lebaran perdana tahun 2024 dengan jumlah penumpang tertinggi mencapai hingga 21.500 penumpang per hari.

Selama masa Angkutan Lebaran, terdapat 4.179 kursi untuk First Class, KCIC melayani penumpang First Class sebanyak 4.179 penumpang, Business Class 9.443 penumpang, dan Premium Economy sebanyak 208.687 penumpang.

Stasiun keberangkatan dengan pergerakan penumpang tertinggi pada masa Angkutan Lebaran merupakan Stasiun Halim sebanyak 115.823 penumpang, kemudian Stasiun Padalarang sebanyak 75.455 penumpang dan Stasiun Tegalluar sebanyak 31.031 penumpang.

Pada periode Angkutan Lebaran ini, KCIC mengoperasikan 832 perjalanan Whoosh atau sebanyak 52 perjalanan Whoosh perhari. Adapun ketepatan waktu keberangkatan Whoosh mencapai 100% atau tanpa keterlambatan sama sekali.

Berbagai kendala-kendala pada angkutan Lebaran perdana ini berhasil diantisipasi. Mengingat sebelumnya persiapan sarana dan prasarana dilakukan secara matang. Di samping itu petugas juga dengan sigap menangani hal-hal yang terjadi di lapangan sehingga seluruh perjalanan kereta cepat Whoosh berlangsung dengan aman dan lancar.

KCIC mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang telah mempercayai Whoosh sebagai salah satu moda transportasi di momen Lebaran tahun 2024 ini. KCIC akan terus melakukan berbagai evaluasi dan langkah perbaikan untuk menghadapi momen libur panjang lainnya.

Selama momen Angkutan Lebaran perdana ini, secara keseluruhan operasional Whoosh berjalan selamat, aman, lancar, terkendali, dan tidak ada gangguan yang berarti.

**

Tentang Kereta Cepat Whoosh

Kereta Cepat Whoosh adalah layanan Kereta Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/h. Kereta Cepat Whoosh memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani 4 Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Untuk meningkatkan konektivitas, Kereta Cepat Whoosh akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle, dan Taksi.