Berita  

Jasa Marga Raih 2 Penghargaan di Bidang Corporate Sosial Responbility dalam Ajang TOP CSR Awards 2024

Jakarta (29/05), PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali mengukir prestasi di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) dengan meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang TOP CSR Awards 2024. Penghargaan tersebut adalah TOP CSR Awards 2024 on Star 5 Predikat Excellent untuk kategori Perusahaan dan TOP Leader on CSR Commitment 2024 untuk Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B.

Ajang TOP CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business di Jakarta pada Rabu (29/5) ini mengusung tema “ CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth”. Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan di Indonesia. Penilaian dalam ajang ini didasarkan pada ketentuan ISO 26000, Environmental, Social, and Governance (ESG), dan Strategi Bisnis.

Hadir mewakili manajemen Jasa Marga menerima penghargaan, yakni Environtment, Social & Governance Advisor Imad Zaky Mubarak. Pada kesempatan tersebut, Imad Zaky mengatakan bahwa penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan yang dinilai telah berhasil dalam menjalankan program CSR secara efektif dan berkualitas, baik untuk masyarakat maupun perusahaan.

“Jasa Marga mengedepankan konsep Creating Shared Value (CSV) yang terintegrasi dengan arah strategi dan proses bisnis Jasa Marga yang merupakan salah satu upaya Perusahaan untuk mitigasi risiko serta melaksanakan program yang tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat namun juga memberikan dampak pada Perusahaan,” ujar Imad.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sigit Reliantoro menyampaikan bahwa saat ini dunia tengah menghadapi tiga krisis global, yaitu perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan pencemaran. Menurutnya, CSR menjadi salah satu solusi untuk mengatasi krisis tersebut secara terintegrasi.

“Maka sekarang saatnya dunia usaha harus menjadi penggerak untuk mengatasi tiga krisis tersebut dengan melakukan aksi-aksi nyata, yang salah satunya dengan CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Semoga para penerima penghargaan dapat memotivasi perusahaan-perusahaan lain untuk mengembangkan program CSR yang inovatif dan berkontribusi dalam mengatasi krisis global,” tutur Sigit.

Sedangkan Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024 sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Top Business Moh. Lutfi Handayani menjelaskan bahwa TOP CSR Awards bukan hanya ajang penghargaan, tetapi juga wadah pembelajaran CSR bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia.

“Kegiatan TOP CSR Awards ini bukan sekadar kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan di bidang CSR semata, melalui kegiatan ini kami ingin mendorong perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas program CSR mereka, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan bangsa,” ucap Lutfi.

Kriteria utama penilaian meliputi keselarasan inisiatif CSR dengan strategi bisnis perusahaan, tingkat adopsi kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010 Social Responsibility , sistem tata kelola CSR, tingkat adopsi CSR terhadap konsep CSV dan ESG, serta inovasi program CSR unggulan.

Tim penilai TOP CSR Awards 2024 terdiri dari berbagai pakar di bidangnya, termasuk Perkumpulan Profesional Governasi Indonesia (PaGI), Asosiasi CSR Indonesia, Corebest (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), Lembaga Kajian Nawacita, PAKEM (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (PT Sinergi Daya Prima/Konsultan GCG), Majalah Top Business, dan Solusi Kerja Bisnis (SKB).

Pencapaian ini menjadi bukti komitmen kuat Jasa Marga dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungannya. Jasa Marga akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan efektivitas program CSR agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *