Berita  

Dukung Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Program CSR Kilang Pertamina Unit Balikpapan Raih Penghargaan ISSF dari Kemendesa PDTT

Jakarta, 9 Mei 2024 – Program CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan kembali mendapatkan penghargaan anugerah Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Halim Iskandar di Hotel Westin Jakarta, Selasa (07/05).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin. Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin menyampaikan perlunya peran perusahaan swasta dan BUMN untuk mendorong ekonomi desa agar maju lebih cepat.

“Lanjutkan komitmen BUMN, perusahaan Swasta dan BumDes serta seluruh aktor penggerak lokal dalam program CSR. Selain itu perlu dipastikan target penerima CSR tepat sasaran mendorong pembangunan inklusif dan ramah lingkungan,” kata Ma’ruf Amin.

PT KPI Unit Balikpapan melalui Program Rain Water Harvesting and Urban Farming (Rawabening) memperoleh kategori Silver pada ajang ini. Rawabening memberikan kontribusi dalam penataan ruang terbuka hijau khususnya di wilayah Kampung Atas Air yang terletak di Kelurahan Margasari Kota Balikpapan.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Dodi Yapsenang menyampaikan bahwa penghargaan dipersembahkan untuk semua pihak yang terlibat dalam pencapaian penghargaan ini.

“Anugerah penghargaan ini tidak dapat kita raih jika tidak ada aktor lokal dan kelompok masyarakat yang terus mau mengembangkan kapasitas. Melalui kesempatan ini, semoga dapat memotivasi agar semakin banyak inovasi yang dapat dilakukan untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat melalui implementasi program CSR,” kata Dodi.

Program Rawabening yang memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan hasil tampungan air hujan untuk pertanian urban menjadi program terpilih yang memiliki keunikan tersendiri. Program yang telah dibina sejak akhir tahun 2022 ini terus berkembang dengan adanya olahan produk turunan dari sayur yang dihasilkan. Hal ini menambah potensi ekonomi baru di tengah masyarakat Kampung Atas Air.

Sebagai informasi, Indonesian Social Sustainability Forum (Forum Keberlanjutan Sosial Indonesia) atau yang disingkat ISSF sendiri adalah organisasi berbentuk perkumpulan orang-orang perwakilan lembaga baik berasal dari perusahaan maupun lembaga lainnya. Perkumpulan ini memiliki fokus kepada keberlanjutan semua aspek sosial yang berada di internal maupun eksternal lembaga dalam rangka mewujudkan keberlanjutan semua aspek kehidupan (penghidupan berkelanjutan).

“Penghargaan ini memberikan semangat juga kepada manajemen dan dan seluruh Perwira PT KPI Unit Balikpapan untuk terus memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kami terus berupaya memberikan dampak positif sebesar-besarnya dan seluas-luasnya bagi masyarakat dan lingkungan, khususnya yang berada disekitar wilayah operasional perusahaan,” tutup Dodi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan sebagai BUMN, Pertamina mendukung pembangunan berbasis desa yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Pertamina telah menjalankan program TJSL berbasis desa seperti Desa Energi Berdikari, Pertamina Village atau Desa Binaan dan lain sebagainya yang bertujuan membangun masyarakat desa yang lebih maju dan sejahtera, ” ujar Fadjar.