Berita  

Capai Target Double Digit, CLEO Bukukan Peningkatan Laba 66% di 2023

PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan IDX ticker code: CLEO:IJ, berhasil membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp324,09 miliar pada tahun 2023, meningkat 66% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp195,46 miliar.

Peningkatan perolehan laba tersebut seiring perolehan penjualan konsolidasi CLEO sebesar Rp2,09 triliun, meningkat 25% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,67 triliun. Dengan demikian, CLEO secara konsisten mencatat pertumbuhan penjualan yang lebih tinggi dari rata-rata industri yang tumbuh sebesar Rp8%.

“Keberhasilan CLEO terus tumbuh dobel digit selama beberapa tahun terakhir ini didukung oleh integrasi ekosistem bisnis Perseroan sehingga lebih efektif dan efisien,” kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO.

Saat ini, Tanobel Group telah memiliki pabrik air minum merek CLEO sebanyak 31 buah, dan merupakan produsen AMDK dengan pabrik terbanyak di Indonesia.

Untuk memasarkan produknya, CLEO memanfaatkan banyak distributor internal yang tersebar di berbagai pasar tradisional, pusat perdagangan modern, serta Horeca (Hotel, Restoran, dan Café). Selain itu, CLEO juga didukung oleh ratusan ribu mitra-mitra distribusi CLEO.

Tahun ini, Perseroan telah menyiapkan dana investasi sebesar Rp 450 miliar capex konsolidasi, yang akan digunakan untuk penambahan pabrik baru (di Palu, Pontianak dan Pekan Baru), pengembangan pabrik eksisting, penambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, hingga perluasan jaringan distribusi.

CLEO yang merupakan produsen pertama dan satu-satunya yang memiliki galon dengan handle dan tutup anti tumpah ini telah menjadi pelopor inovasi di bisnis AMDK di Indonesia.

Selain menjadi galon isi ulang pertama di Indonesia yang 100% menggunakan pure plastic dan BPA free, CLEO juga merupakan satusatunya dan yang pertama menghadirkan AMDK kemasan mini di Indonesia, yaitu CLEO Mini Kemasan 220 ml.

Sepanjang tahun 2023, CLEO telah meluncurkan beberapa produk inovasi baru seperti Galon Nusantara dan sparkling water Platine. Galon Nusantara dengan kapasitas 12,8 liter ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Oleh karenanya, didesain secara khusus supaya mudah dibawa. Adapun sparkling water Platine merupakan produk premium yang diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar hotel dan bisnis F&B.

Tentang PT Sariguna Primatirta Tbk

PT Sariguna Primatirta Tbk dengan identitas Tanobel Group, perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2017 (IDX: CLEO) merupakan produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat food safety management ISO 22000 : 2005. Pada tahun 2004 Cleo hadir di Indonesia sebagai brand Air Minum dalam kemasan dengan diferensiasi Air Murni dan pembukaan pabrik pertama di Pandaan, Jawa Timur.

Hadir dengan inovasi pertama di Indonesia, yaitu Galon Cleo yang memiliki handle sehingga mudah untuk dibawa dan dipasang ke dispenser. Sejak diluncurkan di tahun 2004, galon CLEO sudah menggunakan bahan baku PET yang bebas dari BPA (Bisfenol A). Galon yang mengandung BPA berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, autism, dan lainnya.

Pada akhir tahun 2023 kemarin, CLEO melakukan akuisisi terhadap mitra distribusinya, PT Sentralsari Primasentosa. Langkah ini diambil dengan tujuan untuk mendekatkan produk-produk CLEO kepada pelanggan dan meningkatkan fleksibilitas dalam menjangkau pelanggan di Pulau Jawa maupun daerahdaerah terpencil di luar Pulau Jawa. Dengan strategi ini, CLEO berusaha untuk memposisikan diri sebagai perusahaan AMDK yang lebih lincah, optimal, dan terintegrasi.