Berita  

Wujud Komitmen Utamakan Keselamatan Penerbangan, Pelita Air Lakukan Ramp Check pada Periode Angkutan Lebaran 2024

Jakarta, 8 April 2024 – Memasuki periode angkutan lebaran 2024 pada 3-18 April 2024, Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai layanan medium (medium service airline), melakukan ramp check atau pemeriksaan kondisi pesawat. Ramp check dilakukan oleh Direksi Pelita Air dan didampingi oleh sebagian Perwira Pelita Air di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Ramp check ini dilakukan sebagai wujud komitmen Pelita Air yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan, khususnya pada periode angkutan Lebaran 2024 ini di mana terjadi peningkatan trafik penerbangan. Pemeriksaan dilakukan sesuai prosedur dan standar yang ditentukan oleh regulator untuk memastikan armada pesawat Pelita Air layak dan siap terbang dengan aman dan nyaman.

Didampingi petugas operasional dan pelayanan terlatih serta profesional yang menjunjung tinggi prinsip safety, security, services, and compliance (3S 1C), pelaksanaan ramp check ini bertujuan untuk memberikan layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat pada masa libur Lebaran tahun 2024 ini.

Adapun pemeriksaan oleh Direksi Pelita Air dimulai dari pengecekan kesiapan petugas konter check-in Pelita Air dalam melayani penumpang dan menangani bagasi, kemudian melakukan pemeriksaan pesawat yang akan digunakan pada penerbangan IP322 rute Jakarta-Pekanbaru dengan jadwal terbang pukul 11.35-13.25 WIB, dan penerbangan IP352 rute Jakarta-Padang dengan jadwal terbang pukul 12.00-13.35 WIB.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik untuk memastikan pesawat dalam keadaan layak terbang (airworthy for flight) yang mencakup bagian-bagian pesawat seperti mesin, kursi, toilet, avionic, roda pendaratan, mesin, roda pendaratan, sayap, sistem navigasi; dan pengecekan alat keselamatan penerbangan yang meliputi sabuk pengaman, masker oksigen, pelampung, sarana peluncur, tabung oksigen, pintu dan jendela darurat, lampu pencahayaan, alat pendeteksi asap dan alat pemadam kebakaran, juga mencakup prosedur evakuasi dan prosedur darurat lainnya.

Pada periode angkutan Lebaran 2024 ini, Pelita Air menyiapkan 153 ribu kursi penerbangan, jadi total di bulan April ini sebanyak 273 ribu kursi untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran yang diprediksi oleh Kementerian Perhubungan akan mengalami peningkatan penumpang sebesar 12 persen dibanding tahun 2023. Pada periode angkutan Lebaran 2024 ini pula Pelita Air juga melakukan penambahan frekuensi penerbangan rute Balikpapan-Surabaya, penambahan penerbangan (extra flights) pada rute Jakarta-Padang-Jakarta, rute Jakarta-Denpasar-Jakarta, dan rute Jakarta-Yogyakarta-Jakarta.

Untuk mendapatkan pengalaman check-in dan terbang yang lebih nyaman, calon penumpang diimbau untuk melakukan check-in via web atau aplikasi mobile Pelita Air. Mobile check-in di aplikasi mobile Pelita Air dapat dilakukan mulai dari 24 jam sebelum jadwal keberangkatan hingga 4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Sebagai maskapai layanan medium (medium service airline), Pelita Air berupaya memberikan pengalaman terbang yang nyaman dan menyenangkan bagi penumpangnya. Pada tiap penerbangan, penumpang mendapatkan makanan (snack), minuman, dan bagasi gratis 20 kg. Selain itu, untuk meningkatkan pengalaman terbang yang menyenangkan, seluruh penumpang Pelita Air dapat menikmati hiburan gratis yang dapat diakses oleh smartphone, tablet, dan laptop masing-masing penumpang melalui wireless inflight entertainment (W-IFE) menggunakan aplikasi Tripper.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *