Uniknya Wisata Bekas Pabrik Dijadikan Spot Foto

Uniknya Wisata Bekas Pabrik Dijadikan Spot Foto

Bangunan pabrik selalu identik dengan ruang yang luas dan peralatan-peralatan berukuran besar. Bisa dibayangkan jika sebuah pabrik tidak dipakai lagi dan dibiarkan terbengkalai. Biasanya justru menimbulkan kesan seram.

Namun, berbeda dengan objek wisata bekas pabrik berikut ini. Terabaikan, bangunan-bangunan pabrik ini malah dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang menarik. Dilansir dari berbagai sumber lainnya, Berikut beberapa objek wisata bekas pabrik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk dijadikan spot foto terbaik.

Pabrik Gula Colomadu

Bekas pabrik gula ini berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Karanganyar, Jawa Tengah. Pabrik gula Colomadu ini kian populer di kalangan para wisatawan. Bangunan De Tjolomadoe dahulunya merupakan Pabrik Gula Colomadu yang dibangun oleh Mangkunegaran ke-IV pada tahun 1861.

Pabrik Gula Colomadu ini layak sekali kalian kunjungi baik untuk tujuan wisata pendidikan dan sejarah maupun wisata foto-foto karena arsitektur pabrik gula colomadu sangat asyik buat foto-foto. Untukmenikmati keindahan Pabrik Colomadu kami merekomendasi kalian harus datang pada sore hari karena cahaya matahari tidak terlalu panas sehingga bisa foto-foto di halaman depan dengan latar belakang bangunan Pabrik Gula Colomadu.

Untuk menuju ke wisata pabrik Gula Colomadu kalian akan di pandu berupa papan informasi, media interaktif dan pemandu yang bisa menjelaskan setiap sudut Pabrik Gula Colomadu sehingga para pengunjung selain mendapatkan kesenangan dengan menikmati keindahan sekitar juga mendapatkan ilmu pengetahuan baru seputar Pabrik Gula Colomadu.

Pabrik Gula Madukismo

Yogyakarta juga punya bangunan pabrik yang dijadikan tempat wisata. Mengusung konsep agrowisata, pabrik gula ini berada di Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Apabila Anda berkunjung di Pabrik Gula Madukismo, Anda akan disambut dengan nuansa era industri.

Sebuah bangunan besar berusia tua dengan halaman luas, mesin-mesin kuno serta rel-rel kereta yang menjadi jalan kereta pengangkut tebu akan menyapa dan menguatkan kesan itu. Kamu bisa naik kereta zaman dulu yang masih beroperasi di kawasan pabrik. Pabrik gula Madukismo ini diketahui masih beroperasi hingga sekarang. 

Pengunjung  bisa merasakan nuansa perjalanan dengan kereta seperti kembali pada masa lampau ketika berada di dalam gerbong yang  ditarik  oleh lokomotif  tua  bermesin diesel  buatan  Jerman. Kereta tersebut akan  mengantar menuju  areal pabrik melewati rel-rel tua dan perkebunan yang ada di dekat pabrik.

Pabrik Gula Poerwodadie

Pabrik gula Poerwodadie di Magetan ini juga jadi jujugan para turis. Pabrik gula di Jawa Timur ini juga mengusung konsep agrowisata dan edukasi. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk mengetahui sejarah dari pabrik. Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto kece di kereta api atau lokomotif.

Menikmati atau menyaksikan keunikan dan keindahan lokomotif tebu dalam beraktifitas sangat menyenangkan. Sebagai sarana rekreasi keluarga yang tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak. Bisa juga sebagai ajang bernostalgia bagi orang sudah pernah menyaksikan masa-masa kejayaan lokomotif pabrik gula.

Pabrik Gula Gembongan

Tempat wisata yang berada di Solo ini menyediakan beragam wahana menarik, salah satunya museum tiga dimensi. Bangunannya mengusung konsep gaya klasik khas Eropa. Bekas Pabrik Gula Gembongan kini dikenal dengan The Heritage Palace. Spot wisata ini menjadi salah satu wisata favorit di Solo.

Bangunan tua peninggalan pada zaman Belanda yang sudah ada sejak tahun 1892 dengan keunikan dan memiliki nilai seni tinggi patut dilestarikan dan dipamerkan kepada masyarakat luas. Dari hal tersebut PT Gendhis Mas Sentosa Abadi pengembang The Heritage Palace akan menjadikan bangunan bekas pabrik gula ini menjadi destinasi wisata sehingga dapat memberikan sarana wisata alternatif bagi masyaraka luas. Tujuan lain adalah dapat melestarikan dan merawat bangunan tua ini sebagai warisan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri

Bekas pabrik penyulingan minyak atsiri ini memang terbilang masih baru. Berlokasi di Jalan Raya Solo-Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, pabrik ini memiliki penampilan yang jauh dari kata bangunan tua. Rumah atsiri ini semakin hits di media sosial, karena pemandangannya Instagramable banget. Fasilitas yang ditawarkan pun lengkap, bahkan ada museum, restoran, taman bermain, hingga taman bunga yang indah.

Rumah Atsiri Indonesia juga memiliki berbagai macam kelas yang dapat pengunjung ikuti. Workshop Rumah Atsiri Indonesia meliputi eksperimen dan aktivitas untuk anak dan dewasa, memiliki kelas yang beragam mulai dari membuat bath bomb dan lilin aromatic hingga membuat minyak aroma sendiri.

Sebelum Ingin pulang dari Rumah Atsiri luangkan waktu untuk mengunjungi Rumah Atsiri Merchandise, disini tersedia berbagai souvenir khas Rumah Atsiri untuk mengenang kunjungan anda atau untuk memberikan hadiah bagi orang terdekat anda.

Nah..!! Tunggu apalagi bagi kalian yang hobinya travel dan suka mencari spot-spot foto keren, itulah beberapa bekas pabrik yang berubah jadi destinasi wisata yang sangat keren untuk dijadikan spot foto.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN