Trik Cerdas Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Trik Cerdas Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Zaman sekarang, musim tidak dapat ditebak sehingga mempegaruhi kesehatan jika daya imunnya lemah. Padahal sepanjang hari melakukan kegiatan outdoor yang menghasrukan tetap sehat, tentu mengkhawatirkan jika kegiatan outdoormu berujung penyakit yang serius. Imbasnya, keluarga tidak bahagia jika anda pencari nafkahnya. Walaupun musim pancaroba, kesehatan tetap dijaga agar aktifitas setiap hari tidak terganggu.

Sebagai orang dewasa, wajib mengarahkan buah hati menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Jangan sampai anda tidak menjaga kesehatan karena membuat mereka menirukan kebiasaan anda, berfikirlah dengan jernih setiap melakukan sesuatu agar mendapat manfaatnya.

Trik Menjaga Kesehatan Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba memang meresahkan karena tidak dapat ditebak, tetapi banyak trik yang dilakukan agar tetap sehat loh. Yang terpenting adalah membatasi aktifitas tatkala turun hujan sehingga menjamin kebugaran tubuh, berikut ada trik yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Trik wajib yang dilakukan agar selalu sehat adalah mengkonsumsi makanan bergizi agar imunitas tubuh terjaga, makananlah sayur mayur dan makanan bergizi saat makan. Dijamin tubuh tetap fit walaupun musim pancaroba karena vitamin dan serat makanan yang dikonsumsi menjamin kesehatan.

Banyak pilihan menu makanan sehat dan bergizi, misalnya sayur mayur, olahan kentang maupun tumisan dan makanan lain yang lezat. Usahakan tidak memasak terlalu pedas ya agar tidak berpegaruh pada lambung dan menyebabkan diare, apalagi makanan tidak pedas aman di konsumsi seluruh anggota keluarga.

Anda penyuka makanan cepat saji? Hindarilah makanan tersebut selam musim pancaroba. Pasalnya makanan instan menimbulkan beberapa penyakit ringan seperti sariawan, radang tenggorokan dan penyakit lainnya, jangan sampai ambisi menyantap makanan instan membuat kesehatan terganggu dan merugikan keluarga.

2. Rajin Mencuci Tangan

Dewasa ini, virus menjadi momok menakutkan masyarakat di dunia karena mematikan. Sudah sepatutnya mencuci tangan menjadi keharusan agar kesehatan terjaga, biasakan mencucui tangan saat melakukan kegiatan dan sesudahnya. Dengan begitu kuman dan bakteri yang menempel pada tangan hilang, selain itu anggota keluarga aman dari paparan virus dan penyakit karena keebrsihan di prioritaskan.

Usahakan menggunakan sabun setiap mencuci tangan karena efektif membunuh kuman, selain itu pastikan airnya mengalir agar keamananya terjamin. Walaupun terlalu sibuk dan lelah, mencuci tangan wajib diterapkan karena bakteri menempel di berbagai benda di dalam rumah.

3. Minum Air Putih Secara Maksimal

Jangan salah loh, musim pancaroba membuat dahaga semakin tinggi dan menimbulkan dehidrasi. Solusinya meminum air putih sekitar 8 gelas setiap hari agar tubuh selalu semangat menjalani aktifitas, pastikan anda meminum air putih saat di luar ruangan ya agar tidak lemas.

4. Tidur Dengan Cukup

Padatnya rutiitas membuat anda selalu sibuk dan menyepelakan istirahat, khsusunya seseorang yang hobi begadang. Padahal kurang tidur mempengaruhi kebugaran karena tubuh terasa lemas. Usahakan tidur dengan cukup, paling tidak pukul 21.000 atau 22.000 agar keesokan harinya kembali bugar. Dengan begitu semua kegiatan dan pekerjaan selesai sesuai arahan dan tidak terlambat.

5. Olahraga Secara Rutin

Kebanyakan orang malas berolahraga saat musim pancaroba, pasalnya mendadak hujan berganti panas sehingga memilih diam di rumah. Nyatanya itu membuatmu kurang fit loh, berupayalah olahraga secara rutin paling tidak dua hari sekali. Tak usah olahraga berat, cukup jalan santai pagi hari atau bersepeda agar tubuh selalu fit dan semangat. Alhasil pikiran selalu rileks dan memiliki wawasan luas, pastinya pekerjaan lebih mudah dan ceria menjalaninya.

6. Mengkonsumsi Vitamin

Mengkonsumsi vitamin tepat loh agar kesehatan terjaga selama musim pancaroba, apalagi banyak vitamin yang aman dikonsumsi beredar di apotik terdekat. Anda dapat memilih jenis vitamin sesuai selera agar semangat meminumnya, konsumsilah vitamin sekitar satu minggu sekali dan rasakan khasiatnya. Selain itu jauhi meminum minuman dingin karena membuat dahaga semakin besar, pilihlah minuman yang hangat karena dapat menjaga semangat. Misalnya teh hangat, air madu hangat dan minuman hangat lainnya.

7. Rajin Mengkonsumsi Buah

Buah-buahan termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga wajib dikonsumsi setiap hari. Jadikan buah sebagai pelengkap makanan setiap hari agar kesehatan keluarga tetap terjaga, selain itu anak-anak wajib mengkonsumsi buah karena daya tahan tubuhnya masih rentan terkena penyakit. Rutin mengkonsumsi buah-buahan membuat mereka selalu sehat dan semangat beraktifitas.

 

Ttrik diatas memang sederhana dan mudah dipraktekan, namun manfaatnya besar. Berupayalah menjaga kesehatan sekecil mungkin agar terhindar dari berbagai penyakit.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN