Wisata

Telaga Sunyi Baturraden, Tempat Asik untuk Diving

Selama ini kita mungkin hanya mengenal Snorkeling dan Scuba Diving sebagai aktivitas menyelam di laut. Namun, aktivitas menyelam sebenarnya tidak hanya dilakukan di laut. Saat ini sudah mulai ngetren Diving atau aktivitas penyelaman yang dilakukan di sungai dan sedang gencar diperkenalkan oleh para pegiat aktivitas alam bebas.

Para penyelam melakukan kegiatan penyelaman di sungai atau telaga dengan kedalaman tertentu. Meskipun aktivitas yang dilakukan sama dengan snorkeling ataupun diving di laut, namun menyelam di sungai lebih populer dengan istilah River Diving.

Aktivitas menyelam pada dasarnya bisa dibedakan menjadi dua, yaitu menyelam di permukaan air (snorkeling) dan menyelam di bawah permukaan air (diving). Sementara diving bisa dibedakan menjadi scuba diving dan free diving.

  • Snorkeling adalah aktivitas berenang di permukaan air untuk melihat apa yang ada di bawah permukaan air. Karena dilakukan di permukaan, aktivitas snorkeling tidak membutuhkan tabung udara sebagai alat bantu pernafasan. Pada aktivitas snorkeling, penyelam menggunakan snorkel sebagai alat bantu pernafasan.
  • Free diving adalah kegiatan menyelam dengan menahan napas selama beberapa waktu di bawah permukaan air. Aktivitas free diving tidak menggunakan alat bantu pernapasan, hanya mengandalkan udara yang terdapat pada paru-paru penyelam saja.
  • Scuba diving adalah kegiatan menyelam di bawah permukaan air menggunakan alat bantu pernapasan berupa tabung udara. Kata scuba sendiri berasal dari singkatan Self Contained Underwater Breathing Apparatus, alat inilah yang dibawa sendiri oleh para penyelam saat melakukan penyelaman.

Saat ini sudah banyak tempat wisata yang memiliki potensi sebagai lokasi snorkeling dan diving. Salah satu tempat yang cukup representatif untuk aktivitas ini adalah di Telaga Sunyi Baturraden.

Di Telaga Sunyi Baturraden, kamu akan disuguhkan dengan sejuknya udara khas pegunungan yang berpadu dengan suara gemericik air yang jatuh ke telaga jernih dengan kedalaman lima meter.

Saking jernihnya, kamu bisa melihat dasar telaga dari permukaan air hanya dengan mata telanjang. Kejernihan air dan keasriannya yang masih terjaga, bisa bikin ngiler kalau kita nggak nyebur untuk menyelam. Tempat ini juga asik buat cliff jumping loh.

Baca : Baturraden Adventure Forest Tawarkan Petualangan Alam Rimba Baturraden

Telaga Sunyi terletak sekitar tiga kilometer ke arah timur dari wanawisata Baturraden. Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kamu bisa menikmati panorama pemandangan alam yang eksotis di antara batuan andesit sepanjang sungai dengan kejernihan air yang berwarna biru kehijauan.

Nah, kamu tinggal pilih saja tuh aktivitas menyelam seperti apa yang mau kamu pilih. Bisa free diving, snorkeling atau scuba diving seperti yang sudah dijelaskan di awal tulisan ini. Kedalaman air di Telaga Sunyi terbilang sedang, berkisar pada kedalaman lima meter, membuat lokasi ini cukup aman untuk aktivitas menyelam. [YS]

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close