Sungai Kumuh yang Sekarang Dijadikan Tempat Wisata Kekinian

Sungai Kumuh yang Sekarang Dijadikan Tempat Wisata Kekinian

​Memanglah, tidak tidak gampang menciptakan objek wisata di Indonesia. Apalagi, sungai yang awal mulanya kumuh dapat disulap jadi spot liburan yang keren dan menjadi wisata yang kekinian.

Transformasi pada sungai, pastinya tidak hanya dapat dijadikan sebagai destinasi wisata, serta membawa banyak akibat positif untuk warga yang tinggal di dekat sungai ini. Salah satunya merupakan menambah perekonomian serta infrastruktur di wilayah tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber berikut Rekomendasi Sungai Kumuh Yang Sekarang Dijadikan Tempat Wisata Kekinian,

Kalimas

Bisa dibilang Kalimas merupakan Venesianya Indonesia. Kalimas ini letaknya di Surabaya. Saat berkunjung ke sini, kita bisa merasakan suasana khas kota di Italia tersebut.

Dulunya Kalimas merupakan kawasan yang sangat kotor, namun telah berubah menjadi objek wisata unggulan Surabaya. Wisatawan bisa menyusuri sungai kumuh yang dijadikan tempat wisata ini selama 20 menit dengan perahu ditemani dengan lampion-lampion cantik.

Sungai Teras Cikapundung

Kini namanya telah berubah menjadi Teras Cikapundung, tempat yang memiliki banyak spot untuk berfoto. Tidak hanya itu, sejumlah fasilitas juga disediakan untuk para wisatawan untuk pentas seni, perahu karet, hingga kolam terapi ikan.

Namun dulunya, sungai yang berada di Bandung ini merupakan kawasan yang kotor dan tidak terjamah. Airnya keruh, banyak sampah, dan banyak bangunan tidak terurus yang berdiri di sekitar sungai. Kini setelah diadakan revitalisasi, kawasan ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Kembang.

Tukad Badung

Tukad Badung merupakan salah satu nama sungai di Denpasar, Bali. dulu Tukad Badung merupakan sungai kumuh dengan air yang keruh, karena letaknya yang dekat dengan pasar, sehingga banyak orang membuang sampah seenaknya di sungai tersebut.

Namun kini sudah berubah menjadi sungai kumuh yang dijadikan tempat wisata untuk banyak orang dari berbagai wilayah. Tidak ada lagi sungai yang kotor dengan berbagai macam sampah, yang ada hanya kawasan asri dengan aneka tanaman dan pohon palem yang menghiasi kiri dan kanan sungai. Bahkan di malam hari, ada hiasan lampu warna-warni dan air mancur yang membuat suasana lebih nyaman.

Kali Bladon

Awalnya sungai ini merupakan sungai biasa yang digunakan oleh penduduk sebagai irigasi dan pengairan. Namun Kali Bladon yang letaknya di Desa Purwokerto, Jawa Tengah ini sekarang berubah menjadi destinasi wisata yang hits.

Sungai kumuh yang dijadikan tempat wisata, bisa digunakan untuk duduk-duduk santai di pinggirnya atau menyewa rakit sederhana untuk dinaiki juga sudah asik.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang dulunya sungai kumuh sekarang sudah menjadi destinasi wisata kekinian saat ini. Selamat Liburan !

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN