6 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting ke Sosial Media!

6 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting ke Sosial Media!

Halo semuanya.. Pada artikel ini aku bakal share apa saja hal penting yang tidak boleh kita share ke sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan sosial media lainnya. Karena menjaga privasi itu sangatlah penting. Privasi bukanlah sebuah hal bisa dianggap enteng begitu saja, jika privasi kita bocor ditangan orang yang tidak bertanggung jawab, mungkin saja data kita akan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik, dan membawa kita ke ujung jarang. Apa saja ha penting yang tidak boleh diposting? Yuk mari disimak.

6 Hal Penting yang Tidak Boleh di Posting ke Sosial Media

1. Boarding Pass

Jangan pernah sekalipun kalian melakukan penguplod-an boarding pass miliki kalian. Bukan karena terdapat namamu disana, melainkan disana terdapat identitas yang sangat penting. Apa identitas tersebut ? Seperti Nomor ID, Lokasi Tujuan, Tempat Tanggla Lahir, dan kode Pesawat yang akan kita naiki saat ingin melakukan penerbangan. Jika data ini berhasil dicuri oleh seorang hacker dan digunakan untuk melakukan hal yang tidak baik, maka kalian akan dalam bahaya. Jadi tetap jaga privasi kalian masing-masing ya.

2. ID Card

Untuk data penting kedua yang tidak boleh disebarkan secara sembarangan di sosial media adalah ID Card atau dalam bahasa Indonesia adalah kartu identitas. Kartu identitas memiliki informasi pribadi yang sangat vital.

Berbagai informasi tersebut sangat berpotensi untuk disalahgunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab. Setelah kamu melakukan pengunggahan kartu identitas di internet, maka untuk mencegah sebuah perilaku kejahatan seperti penggunaan data sembarangan itu akan sangat sulit dihindakan.

3. Uang / Harta

Apa yang tidak boleh kita sebar ke dalam sosial media kita secara terang terangan? Yap, Uang. Mengapa bisa uang? Saat kamu share bahwa kamu memiliki banyak uang, orang lain yang melihat postingan kamu akan mengetahui bahwa saat ini kamu sedang memiliki uang yang dalam jumlah banyak.

Apakah kalian pernah mendengar seorang arsitek yang berasal dari Indonesia yang menggunggah tentang kekayaan yang dimiliki olehnya? Esok harinya dia mengalami nasib sial berupa perampokan dan pembataian sangat keji.

4. Foto

Bukannya fungsi dari sosial media adalah untuk saling berbagi hal seperti foto dan video, kenapa malah foto tidak bisa kita share dengan sembarangan ? Yap tentu saja ada ketentuan yang tidak boleh kita langgar dalam hal berbagi foto. Membagikan hasil karya orang lain merupakan bentuk copyright atau hak cipta.

Jika kita asal melakukan posting tanpa menyertakan sumber atau tanpa seizin pemiliknya, kalau saja kita ketahuan melakukan hal itu, suatu saat kita pasti akan dimintai pertanggung jawaban seperti gugatan yang dilakukan oleh pencipta, uang dan hal lainnya.

5. Anak Kecil

Kalian pernah mendengar kasus penjualan bayi? Yang pernah terjadi oleh beberapa artis di tanah air? Mereka menemukan bahwa ada sebuah akun yang memposting foto anak mereka dengan memberikan nominal 100 Juta hingga 1 Miliyar, dan itu tidak diketahui oleh pihak orang tua si anak.

Meski anak kecil belum mengerti dampak apa yang akan di dapat oleh mereka, namun hal ini juga bisa menjadi pelanggaran privasi bagi si anak. Selain penjualan anak, kasus bullying, penculikan, pedofilia dan beberapa kejahatan lain bisa terjadi kepada si anak.

6.  Publikasi

Pekerjaan yang belum dipublikasikan, jangan pernah sekali-kali untuk mengunggahnya ke jaringan sosial media kalian. Kecuali posting ke situs resminya atau sumber resminya.

Apa contoh nya, misalnya seperti tulisan, atau sebuah video apapun yang masih berupa sebuah ide atau gambaran kasarnya. Karena itu termasuk ke dalam hal rawan pencurian ide, yang mana sudah bersusah payah untuk membuatnya dan kamu tidak bisa menuntut mereka yang mencuri ide dari postingan kamu karena situs resmi dari ide atau gambaran kasar tadi dianggap belum membuatnya.

 

Pengguna sosia media ini sudah mencapai lebih dari jutaan orang, kita tidak tau mana orang yang bisa dipercaya ataupun tidak. Ada baiknya untuk menjaga privasi, kita mengunggah postingan yang sekiranya tidak mengundang kontrofersi. Unggah saja sebuah postingan yang bisa menghibur, ataupun memberi inspirasi terhadap banyak orang yang mana itu bisa membuat orang lebih termotivasi dalam hidupnya.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN