Apa itu SmartScreen Filter Yang Ada Pada Windows ? Berikut Penjelasannya

Apa itu SmartScreen Filter Yang Ada Pada Windows ? Berikut Penjelasannya

Windows SmartScreen adalah program yang sudah ada bawaan dari Windows yang dapat mengeluarkan peringatan saat kamu berada di situs berbahaya atau kurang aman saat menjelajahi internet. SmartScreen Filter sudah diaktifkan secara default di browser bawaannya yaitu Internet Explorer dan Edge. SmartScreen Filter dapat melindungi kamu dari iklan yang kurang jelas, file download, dan lain sebagainya yang mungkin dapat membahayakan perangkat kamu.

Fitur SmartScreen Pada Windows

Saat kamu menjelajah internet dengan menggunakan Windows, SmartScreen Filter akan memeriksa situs yang kamu kunjungi dan memastika program yang telah kamu download itu aman.

Jika SmartScreen Filter menemukan sesuatu yang mencurigakan atau dianggap berbahaya, dia akan menampilkan halaman sebuah peringatan. Disana kamu bisa memilih untuk melanjutkan membuka halaman, atau jangan pernah melanjutkan halaman berbahaya tersebut, bisa juga SmartScreen filter akan memberikan feedback atau report tentang halaman yang akan kamu akses tersebut.

Cara Kerja SmartScreen Filter

SmartScreen Filter bekerja dengan membandingkan situs web yang ingin kamu kunjungi (atau program yang ingin kamu download) terhadap alamat yang berlabel tidak dapat dipercaya atau benar-benar berbahaya. Microsoft juga menjaga daftar tersebut dan menyarankan agar kamu membiarkan fitur ini diaktifkan untuk melindungi komputer kamu dari serangan Malware dan juga untuk melindungi kamu dari Phishing.

Selain itu, sebenarnya teknologi ini sama saja dengan pop-up blocker, perbedaan nya adalah, pop-up blocker hanya mencari pop up tapi tidak memberikan penilaian terhadapnya. Jika kamu tidak ingin menggunakan fitur SmartScreen Filter yang ada pada windows kamu juga dapat menon-aktifkan fitur tersebut, caranya cukup mudah kok, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Me-Nonaktifkan SmartScreen Filter

Untuk menonaktifkan SmartScreen filter di Internet Explorer:
1. Buka Internet Explorer.
2. Pilih tombol Tools (icon gear), lalu pilih Safety.
3. Klik Turn Off SmartScreen Filter atau Matikan Windows Defender SmartScreen.
4. Klik OK

Untuk menonaktifkan SmartScreen Filter di Microsoft Edge:
1. Buka Microsoft Edge.
2. Pilih icon tiga titik di pojok kiri atas dan klik Settings.
3. Klik Advanced Setting.
4. Matikan tombol pada bagian berlabel Help Protect Me From Malicious Sites And Downloads With Windows Defender SmartScreen.

Jika kamu ingin mengembalikan nya seperti semula, caranya cukup mudah karna kamu bisa mengaktifkan Windows SmartScreen dengan mengulangi langkah-langkah diatas dan memilih untuk mengaktifkan filter.

Menjadi Bagian dari SmartScreen Solution

Jika kamu berada di halaman web yang tidak aman saat melakukan browsing atau mencari sesuatu menggunakan Internet Explorer dan tidak menerima peringatan, Kamu dapat memberi tahukan ke Microsoft tentang situs itu. Demikian juga, jika kamu diperingatkan bahwa halaman web tertentu berbahaya tapi kamu tahu bahwasanya web itu aman, kamu juga bisa melaporkannya bahwa website itu aman untuk diakses. Jika ingin melaporkan hal tersebut berikut dibawah ini langkah langkah untuk melaporkannya.

Untuk melaporkan bahwa situs yang kamu kunjungi tidak berisi ancaman terhadap pengguna di Internet Explorer:
1. Dari halaman peringatan, pilih More Information.
2. Klik Report That This Site Does Not Contain Threats.
3. Ikuti petunjuk di situs Microsoft Feedback.
4. Untuk melaporkan bahwa situs yang kamu kunjungi di Internet Explorer memang berisi ancaman:
5. Klik Tools, dan klik Safety.
6. Klik Report Unsafe Website.

Demikianlah artikel mengenai Apa itu SmartScreen Filter yang ada pada Windows yang dapat saya bahas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu seputar Windows, dan semoga bermanfaat.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN