Mengenal Dasar Berbagai Macam Sistem Jaringan pada  Komputer

Mengenal Dasar Berbagai Macam Sistem Jaringan pada Komputer

Dalam memahami sebuah teknologi, tentu ada sistem jaringan pada computer yang harus kalian pahami sebelum kamu mendalami lebih jauh, berbagai macam jenis system jaringan yang harus kamu ketahui.

Cukup mudah untuk memahami atau menghafal jenis sistem jaringan, apalagi di tahun 2019, tahun dimana berkembangnya teknologi di Indonesia sangat cepat. Untuk mengurangi KUDET pahami jenis jenis system jaringan komputer secara teliti.

1.LAN (Local Area Network)

LAN menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek. Selain beroperasi di ruang terbatas, LAN juga biasanya dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Ada juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan nirkabel dengan Wi-Fi dan dikenal sebagai Wireless Local Area Network (WLAN).

2.MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN dalam kota yang sama. Jika jarak yang menghubungkan dua LAN tidak memungkinkan untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN digunakan. MAN menggunakan perangkat dan kabel khusus untuk menghubungkan LAN.

3.WAN (Wide Area Network)

WAN juga bisa dibilang kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. WAN berbeda dari LAN dalam beberapa hal penting. Sebagian besar WAN (seperti Internet) tidak dimiliki oleh satu organisasi, melainkan di bawah kepemilikan dan manajemen kolektif atau terdistribusi. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATMS, Frame Relay dan X. 25 untuk konektivitas jarak jauh.

4.PAN (Person Area Network)

Seperti halnya jaringan LAN, PAN biasanya mencakup area yang lebih kecil seperti jaringan rumah atau kantor. Biasanya jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi sumber daya seperti Internet atau printer.

5.Internet

Internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi termasuk PC, laptop, workstation, server, smartphone, tablet, TVS, webcam, CCTV, dan banyak lagi. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada Januari 2018, ada 2150 juta sistem akhir yang terhubung ke Internet. Karena siapa pun dapat terhubung ke Internet, Internet juga dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.

Itulah untuk pemahaman mengenai sistem jaringan yang ada di indonesia, selain di indonesia sistem jaringan ini juga berlaku untuk seluruh dunia.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN