Presiden Jokowi Apresiasi Kemenangan Telak 4-1 Timnas Indonesia atas Yordania dalam Piala Asia U-23 AFC

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi terhadap kemenangan tim nasional (timnas) sepak bola U-23 Indonesia dalam laga pamungkas pada fase grup Piala Asia U-23 AFC melawan Yordania U-23, Minggu malam, 21 April 2024. Presiden bersyukur doa dan harapannya agar timnas Indonesia bisa meraih hasil terbaik dalam laga tersebut dapat terwujud.

“Ya kemarin sore kan sudah saya sampaikan kita berdoa bersama-sama agar terjadi gol yang sebanyak-banyaknya dan juga jangan sampai ada kartu merah, ya semuanya dikabulkan oleh Allah SWT,” ujar Presiden kepada awak media usai meninjau panen raya jagung di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo pada Senin, 22 April 2024.

Presiden juga memuji jalannya pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Qatar. Menurut Presiden, para pemain timnas Indonesia bermain dengan sangat baik hingga dapat mencetak 4 gol ke gawang lawan.

“Mainnya sangat cantik, sangat bagus, sangat rapi, sangat membangun strategi untuk menuju ke gawang, untuk gol saya kira juga kelihatan,” ucap Presiden.

Pada laga melawan Yordania U-23, Tim Garuda Muda menunjukkan dominasi permainan sejak menit awal. Indonesia membuka keunggulan melalui gol yang dicetak dari titik putih oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-23, setelah Rafael Struick dilanggar di kotak penalti.

Unggul 1-0 tidak membuat timnas Indonesia mengendurkan serangan. Hasilnya, tim asuhan Shin Tae-yong tersebut berhasil menggandakan keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-40, memanfaatkan umpan Sang Kapten, Rizky Ridho. Timnas menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Di babak kedua, Marselino Ferdinan mencatatkan gol keduanya pada pertandingan itu melalui sebuah sontekan hasil kerja sama apik dengan Witan Sulaeman. Yordania sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-79.

Sundulan Komang Teguh menggenapi kemenangan bersejarah timnas menjadi 4-1 setelah tandukannya melesak ke gawang Yordania, memanfaatkan lemparan jarak jauh Pratama Arhan. Dengan hasil itu, Indonesia bertengger di posisi kedua klasemen akhir grup A dengan nilai 6, di bawah tuan rumah Qatar yang mengoleksi nilai 7.

Indonesia pun berhasil mencetak sejarah setelah memastikan lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Timnas Indonesia U-23 berhasil melangkah ke fase gugur turnamen kelompok umur ini untuk pertama kalinya.