Alasan Kenapa Pentingnya Mengetahui IMEI Handphone

Alasan Kenapa Pentingnya Mengetahui IMEI Handphone

Dijaman yang penuh dengan teknologi ini pasti nya kamu sudah familar dengan kata IMEI yang ada pada handphone. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity adalah kumpulan kode unik yang ada pada handphone untuk membedakan handphone yang satu dengan handphone yang lainnya, Jadi tidak ada satupun Handphone yang memiliki IMEI yang sama.

Dan baru baru ini kita telah mendengar kabar dari pemerintah bahwa setiap orang harus mengecek atau mengetahui IMEI pada handphone mereka baik sesudah membeli ataupun sebelum membeli itu dilakukan agar pemerintah dapat menertibkan para pedagang gelap handphone. Rencana ini sebenarnya sudah lama sekali ingin segera dilaksanakan namun baru baru ini saja dapat ditanggapi dengan serius akibat makin maraknya handphone palsu beredar. Untuk Mengatasi masalah tersebut pemerintah langsung melibat tiga (3) menteri untuk mengatasi hal tersebut, ketiga menteri tersebut adalah :

  1. Jhonny G. Plate Merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika
  2. Agus Kumiwang Kartasasmita  Merupakan Menteri Perindustrian
  3. Drs. Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan

Kabar ini tentunya membuat banyak orang panik terhadap bagaimana nasib handphone yang digunakan, karena mungin saja seseorang membeli handphone dari luar negeri dan dikatakan itu barang Sah namun tidak dianggap tidak sah di Indonesia. Bagi kamu yang membeli handphone didalam negeri tidak perlu khawatir jika membelinya secara Resmi karena biasanya IMEI handphone yang kamu beli tersebut dicatat langsung oleh CS-nya, karena mereka sangat tau betul itu merupakan hal yang sangat penting untuk mengidentifikasi handphone milikmu.

Untuk Standart Nomor IMEI pada umumnya terdiri dari 14 digit Decimal dan 16 Digit untuk Handphone. Nah bagi kamu yang ingin melakukan pengecekan IMEI, ada beberapa cara yang dapat kamu coba, diantaranya adalah sebagai berikut.

#1. Cek Lewat Dial

Cara pertama untuk melakukan pengecekan adalah lewat Dial, cara ini termasuk cara yang sangat mudah.

  1.  Aktifkan handphone kamu, masuk ke menu Telephone atau Call

  2. Kemudian ketik angka *#06#, kemudian tekan tombol Call

  3. Nanti akan muncul secara otomatis nomor IMEI handphone kamu.

#2. Cek Lewat Menu Setting

Cara kedua untuk melakukan pengecekan adalah lewat Menu Setting, cara ini juga sangat mudah dilakukan.

  1.  Aktifkan handphone kamu, dan masuk ke menu Setting atau Pengaturan,

  2. Kemudian usapkan jari kamu kebawah dan cari menu About Phone, lalu pilih kembali menu Status,

  3. Nanti akan terlihat jelas data data handphone kamu termasuk IMEI Handphone.

#3. Cek Lewat Kotak Handphone

Cara Ketiga ini merupakan cara termudah yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui IMEI handphone kamu, apabila kamu masih menyimpan kotak Handphone yang baru kamu beli, kamu bisa melihatnya disitu, berikut caranya.

  1.  Temukan terlebih dahulu Kotak Handphone milikmu,

  2. Coba cari disetiap sisi kotak tersebut nanti kode akan tertulis diLabel putih besar,

  3. Nanti akan ketemu nomor IMEI handphone kamu.

Cara Mengecek Apakah Nomor IMEI Sudah Terdaftar atau Belum di Kemenperin

Untuk mengetahui apakah Nomor IMEI Handphone kamu benar benar terdaftar kamu dapat mengecek melalui laman kemperin https://imei.kemenperin.go.id/ dengan memasukkan nomor IMEI handphone milikmu.

Alasan Mengapa Pemerintah Melakukan Rencana ini

Alasan mengapa pemerintah mewajibkan masyrakat untuk mengetahui nomor IMEI handphone adalah sebagai berikut.

  1. Barang Palsu / Imitasi
    Berdasarkan data riset pada tahun 2017 lalu oleh European Union Intellectual Property Office study, pada  tahun 2015 ada sekitar 180 juta unit lebih handphone palsu yang beredar di dunia. Ini sama dengan 13% dari jumlah handphone yang beredar saat itu. Akibat barang palsu ini sejumlah negara mengalami kerugian yang sangat besar setiap tahunnya.

  2. Barang Hasil Curian
    Alasan pemerintah mewajibkan masyarat indonesia untuk mengetahui nomor IMEI handphone adalah agar dapat menyelamatkan data data pribadi mereka yang tersimpan dalam handphone tidak tersebar luas apabila hilang atau dicuri, dan apabila ini terjadi maka kamu dapat melaporkannya ke pihak berwenang dan mengatakan untuk memblokir nomor IMEI tersebut.
  3. Pajak, Bea dan Cukai
    Alasan lainnya adalah Pajak, Bea dan Cukai. Akibat masuknya barang yang tidak resmi ke Indonesia itu berarti tidak menyumbang resmi kepada Negara, dan akan sangat merugikan negara apabila barang tersebut masuk begitu banyak.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan mengeapa kamu harus mengetahui nomor IMEI handphone milikmu, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam mengetahui pentingnya IMEI Handphone tersebut.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN