Wisata

Mengintip Pemandian Air Panas di Desa Gumelem Wetan Banjarnegara

Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai desa penghasil batik yang juga menyimpan beragam seni tradisi. Selain batik, Desa Gumelem Wetan ternyata memiliki pemandian sumber mata air panas alami.

Sumber mata air panas alami ini berada pada dinding sungai di perbukitan Kendeng yang membelah Desa Gumelem Wetan. Pemandian Pingit namanya. Nama ini diambil dari nama pedukuhan di RT 1 RW 10 Desa Gumelem Wetan.

Jika ingin menuju lokasi, dibutuhkan perjalanan sejauh 5 kilometer dari Jalan Raya Banjarnegara-Banyumas ke arah Desa Gumelem Wetan. Setelah masuk Desa Gumelem Wetan, arahkan kendaraan melewati pinggiran saluran irigasi dan perkampungan penduduk.

Jalan yang berliku dan beberapa pinggir jurang terlihat mengalami longsor, mengharuskan pengendara yang melewati jalan tersebut berhati-hati.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 menit dari jalan raya, sampailah di objek wisata mini yang terletak tepat seberang gedung Puskesmas Pembantu Susukan. Di lokasi pemandian yang berada dekat sebuah pohon beringin besar ini, terdapat sebuah bangunan semi permanen sebagai ruang ganti dan toilet bagi pengunjung.

Pancuran Pingit hanya menggunakan sebilah bambu selebar satu jengkal yang dilubangi pada beberapa titik dan bagian ujungnya tersambung dengan sebuah bak penampungan air kecil di pinggir tebing. Tempat pemandian air panas ini sudah ramai dikunjungi, sebagian besar pengunjung berasal dari Kebumen, Cilacap, Banyumas dan Purbalingga.

Salah seorang pengunjung, Susanto Arif mengatakan, masyarakat meyakini air tersebut mengandung belerang yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

“Untuk menyembuhkan gatal-gatal. Saya baru dua kali ke sini, padahal tinggal tidak jauh dari sini,” ujarnya.

Menurut Sariyah, warga setempat, setiap malam Selasa Kliwon, Jumat Kliwon dan hari libur Pancuran Pingit selalu ramai dikunjungi wisatawan. [NS/YS]

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close