Inspiratif! Olahraga Ringan ini Cocok Untuk Ibu Hamil

Inspiratif! Olahraga Ringan ini Cocok Untuk Ibu Hamil

Umumnya, wanita hamil disarankan mengurangi aktifitas karena selama hamil banyak hormon yang berubah. Apalagi mudah lelah dan emosian tanpa alasan yang jelas, padahal wanita hamil wajib berolahraga sehingga kehamilan tetap sehat sampai melahirkan.

Tak perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan selama beberapa menit. Selain itu kamu dapat mengajak suami saat berolahraga sehingga semakin menyenangkan, banyak olahraga ringan yang fungsinya berbeda-beda. Misalnya untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung maupun melatih otot-otot agar proses persalinan lancar.

Jenis Olahraga Ringan Untuk Wanita Hamil

Sejatinya, wanita hamil terbagi menjadi dua. Yaitu wanita hamil yang diharuskan beetress dan yang nyaman menjalani kehamilan tanpa pantangan, jika diharuskan menjalani beetress karena suatu hal lebih baik berolahraga di dalam rumah seperti jalan kaki sekitar 5 menit saja. Tujuannya agar otot-otot tubuh tidak melemah dan menghambat proses persalinan, jalan kaki dilakukan ketika ke kamar mandi maupun bersantai. Berikut ada rekomendasi olahraga ringan yang dapat dicoba:

1. Berenang

Bukan rahasia lagi berenang menjadi olahraga favorit wanita hamil karena membuat pernafasan teratur dan tidak mudah sesak, hal tersebut karena wanita hamil sering mengeluhkan sesak bernafas akibat perkmbangan janin. Teratur berenang membuatmu semangat menjalani kehamilan dan persalinan, walaupun aman usahakan melakukan gerakan yang aman sehingga tidak membahayakan janin.

Sementara gerakan yang aman meliputi gaya gaya punggung, gaya dada dan gaya bebas. Kamu bebas memilih gaya sesuai keahlian dan yang membuatmu lebih nyaman mengingat perut membesar secara berkala.

2. Menari

Mayoritas wanita menyukai menari lantaran membuat tubuh selalu bugar dengan pemikiran yang rileks, kamu bisa menjadikannya olahraga saat hamil. Pasalnya menari berguna untuk kesehatan sendi-sendi wanita hamil yang melemah, tari samba maupun tari salsa termasuk rekomendasi untuk wanita hamil karena dapat memperkuat otot panggul , tulang punggung lebih lentur. Bahkan menjaga berat badan tetap ideal selama hamil loh, alasannya karena wanita hamil memiliki porsi makan lebih banyak karena bawaan janin.

3. Senam Kegel

Senam kegel adalah olahraga wajib untuk wanita hamil menghadapi persalinan, apalagi setiap daerah menerapkan kelas senam hamil sehingga membantu ibu hamil melahirkan tanpa operasi caesar. Manfaat senam kegel beragam seperti memperkuat otot panggul dan membuatnya lebih elastis saat persalinan sehingga mengurangi tingkat sayatan atau robekan. Tentunya senam tersebut memperkuat sendi lainnya, termasuk kantung kemih, usus besar dan otot rahim.

4. Yoga

Yoga secara teratur untuk wanita hamil membuatnya lebih rileks dan tenang menghadapi momen persalinan yang dianggap jihadnya kaum wanita. Selain itu Yoga membuatmu bersemangat menjalani aktifitas sehari-hari tanpa keluhan apapun, pastinya olahraga tersebut baik selama kehamilan sampai persalinan. Jika kamu termasuk wanita karir, yoga dapat dilakukan sekitar 2 atau 3 hari sekali dengan waktu yang ditentukan. Dengan begitu tidak ada kegiatan yang diabaikan dan ceria menjalani aktifitas.

5. Sepeda Statis

Kamu menginginkan janin yang dikandung selalu sehat dan mendapat oksigen secara maksimal? Olahraga sepeda statis wajib dicoba karena menyenangkan. Pasalnya olahraga tersebut menyehatkan dan meningkatkan oksigen ke otak bayi secara maksimal sehingga kesehatan janin selalu terjaga, tak perlu berjam-jam bersepeda statis. Cukup meluangkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit setiap pagi agar kehamilan tetap sehat.

6. Aerobik

Senam aerobik atau zumba memang memiliki berbagai gerakan yang aktif sehingga lebih mudah lelah, namun wanita hamil yang menginginkan olahraga aerobik cukup melakukan gerakan ringan saja. Pasalnya banyak wanita penyuka olahraga aerobik menggunakannya sekalipun hamil, pastikan kesehatanmu terjaga ya saat melakukan aerobik sehigga tidak membuat lelah maupun dehidrasi.

7. Jalan Kaki

Walaupun terbilang sepele, jalan kaki di pagi hari penting untuk wanita hamil agar kesehatan ibu dan janin terjaga. Pastinya olahraga tersebut dapat dilakukan bersama suami maupun buah hati sehingga lebih seru, dijamin kamu mendapat kesegaran dan pikiran rileks karena kesejuakan udara pagi hari.

Banyak olahraga ringan yang dapat dicoba di rumah, tentunya tanpa menganggu kesehatanmu. Selain rutin berolahraga, imbangilah dengan makanan bergizi sehingga perkembangan janin berjalan sempurna. Jangan pernah sia-siakan momen berolahraga selama hamil karena memiliki kesan tersendiri.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN