7 Jenis Olahraga Ringan di Rumah saat Pandemi Corona

7 Jenis Olahraga Ringan di Rumah saat Pandemi Corona

Pendemi Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah segera menggalakan kebijakan bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah.

Bekerja dari rumah (work from home), tujuannya jelas yaitu untuk mencegah penyebaran covid-19. Memang kebijakan WFH menjadi momen membalut harmonisasi keluarga, tetapi ada juga tantangannya. 

Rasa bosan dan stres, mungkin menghantui Anda saat di rumah. Bahayaya lagi bahwa stres akan menurunkan imunitas tubuh. Salah satu solusinya yaitu dengan melakukan olahraga rutin, meskipun di rumah.

Olahraga ringan di rumah saat pandemi corona 

Meskipun tujuannya untuk mengisolasi diri di rumah, WHF bukan menjadi alasan untuk malas berolahraga. Justru dengan olahraga akan meningkatkan imunitas tubuh, sehingga terhindar dari penularan virus corona.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah di tengah pandemi corona.

1. Yoga

Gerakan-gerakan yoga yang sederhana dapat Anda lakukan di rumah. Misalnya gerakan cat-cow, tree pose, dan lainnya. Anda juga bisa melakukan teknik pernapasan yoga simpel.

Olahraga yoga ini bermanfaat sekali untuk membakar kalori dan menegangkan otot seusai bekerja. Selain itu, yoga juga dapat menurunkan berat badanmu. 

2. Zumba

Gerakan pada olahraga zumba dapat dilakukan di dalam ruangan. Anda hanya cukup memutar lagu dan melihat gerakan zumba di YouTube. Tak perlu lama-lama, cukup 30 menit dalam sehari. 

3. Skipping atau Lompat Tali

Skipping atau lompat tali merupakan salah satu olahraga yang pas dilakukan di tengah pandemi corona. Lompat tali menjadi pengganti jogging, karena tidak harus keluar rumah. 

Lakukan lompat tali seusai melakukan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu. Lakukan selama 15 sampai 20 menit per hari agar merasakan kebugaran yang maksimal. 

4. Jumping Jack 

Disaat di rumah tidak tersedia tali, Anda bisa melakukan aktivitas jumping jack sebagai gantinya. Karena prinsip gerakannya pun hampir sama dengan skipping.

Lakukan dengan melompat membuka kedua kaki dan merentangkan kedua tangan ke atas kepala. Supaya mudah lakukan dengan delapan kali hitungan.

5. Push up dan Squat

Luas ruangan yang minim, tak masalah untuk olahraga ini. Push up dan squat cukup dilakukan dalam ruangan rumah Anda. Sederhana bukan? Luangkanlah waktu Anda untuk melakukannya. 

6. Wall Sit

Sangat simpel sekali olahraga ini. Anda cukup menempelkan punggung pada tembok. Kemudian langkahkan kaki satu persatu ke depan secara perlahan. Tekuk kedua lutut seperti posisi duduk di kursi. Tahan hingga beberapa menit. Dan kembali ke posisi awal (berdiri tegak).

7. Menari mengikuti irama musik

Jika mood Anda sedang bosan, aktivitas inilah yang mungkin merubah mood Anda.

Cukup hanya dengan memutar musik, kemudian bergoyanglah sepuasnya. Lebih bebas dan menyenangkan bukan? 

Itulah olahraga di tengah pandemi corona. Selain menjaga kesehatan, olahraga juga berkaitan dengan menghilangkan stress sehingga meningkatkan daya imun tubuh. Tidak perlu olahraga berat-berat di luar rumah, selalu ingatlah stay at home.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN