Olah Raga di Rumah Selama Social Distancing #dirumahaja

Olah Raga di Rumah Selama Social Distancing #dirumahaja

Keadaan darurat Pandemik Corona memaksa orang untuk beraktifitas di rumah saja. Mulai dari belajar, bekerja dan meminimalis waktu di luar rumah. Hal yang paling jadi fikiran banyak orang adalah bagaimana melakukan olah raga di rumah. Terutama bila kamu tidak punya kebiasaan olah raga selain jalan kaki atau jogging sebentar sekeliling kompleks. Dengan himbauan untuk tinggal di rumah saja, aktifitas apa saja yang bisa kamu lakukan?

Olah Raga di Rumah Selama Himbauan #Dirumahaja

Banyak kok olah raga yang dapat kamu lakukan tanpa harus keluar rumah. Tentu, kamu akan kangen berada di alam bebas atau bertemu dengan teman-teman di gym atau pusat kebugaran. Kondisi sekarang yang lebih di sarankan berdiam diri bisa membuat perasaan malas terutama bagi kamu yang biasa aktif. Olah raga dan dalam rumah tetap seputar  gerakan ringan seperti jalan kaki , berjalan kecil atau latihan kardio dan pernafasan. Berikut adalah ulasan singkatnya

1. Naik-turun Tangga

Kalau di kantor bisa cukup banyak anak tangga yang dicapai kni cukup dirumah saja dan memperbanyak frekuensi naik dan turun saja. Memang terlihat sepele namun ada banyak bagian tubuh yang kamu gerakan hanya dengan melakukan hal ini. Tentu kalau ingin hasil yang memuaskan, postur tubuh juga harus diperhatikan yah saat melakukannya.

2. Aerobik

Kamu termasuk member aktif dari pusat kebugaran? Melakukan aerobik dengan bersama-sama tentu bisa buat tambah semangat. Lantas bagaimana kalau sedang terkurung dalam rumah seperti sekarang? Jika selama ini kamu melakukan senam aerobik bersama dengan grup senam.

Untuk masa social distancing seperti sekarang ini kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan video atau youtube. Atau kalau mau sedikit repot bisa melakukan olah raga di rumah dengan menggunakan aplikasi video conference. Belum pernah kamu coba kan?

2. Olahraga Kardio 

Beri sedikit tenaga untuk olah raga agar jantung terpompa, keringat bercucuran dan kamu merasa benar-benar olah raga. Lantas apa yang kamu rasakan setelahnya? Perasaan lebih segar dan tidur lebih nyenyak.

Olah raga cardio yang tidak membutuhkan alat bantu di antaranya adalah melakukan push-up, sit-up, high knees, burpee, dan masih banyak gerakan lainnya. Lakukan gerakan tersebut ditemanin dengan musik yang akan membuat kamu semakin semangat.

3. Lompat Tali

Ingin latihan tanpa harus berfikir tentang gerakan atau menemukan lagu yang pas sesuai dengan gerakan? Memiliki tali untuk melakukan lompat tali di rumah adalah alat bantu yang murah meriah dan sangat bermanfaat.

Kamu bisa membakar cukup banyak kalori hanya berada dalam satu tempat untuk beberapa waktu. Jenis olah raga ini cukup menarik sebagai variasi sehingga olah raga kamu di dalam rumah tidak terus-menerus melakukan gerakan yang sama.

4. Yoga 

Yoga memadukan pernafasan dan relaksasi. Berada dalam rumah dalam waktu yang lama dapat membuat siapapun stress. Jadi, tidak ada salahnya mencoba gerakan Yoga ringan sebgai permulaan.

Olah raga ini bisa dilakukan bersama dengan pasangan sebagai variasi dan saling mendukung satu sama lain untuk berolah raga walaupun kamu terkurung dalam rumah.

Bila takut terluka atau kecelakaan saat melakukan Yoga, fokuskan yoga dengan gerakan ringan dan latih juga bagian pernafasannya. Tentu akan sejenak menjadi lebih santai dan relaks.

5. Alat Kebugaran

Menghabiskan waktu di rumah adalah saat yang baik untuk bebenah dan mengisi rumah dengan alat bantu untuk berolah raga. Apakah kamu pernah menunda membuat ruang olah raga di rumah? Atau tidak pernah memiliki waktu menggunakan tredmill yang sudah lama kamu beli namun tidak pernah sentuh?

Selama social distancing kamu dapat berinvestasi dan membeli alat olah raga yang sudah lama kamu inginkan. Mungkin bisa mulai dengan sepeda statis atau tredmill. Bahkan setelah pandemik ini berlalu, alat-alat tersebut akan sangat bermanfaat dan jadi pemicu untuk kamu terus berolah raga dengan teratur.

Demikian beberapa olah raga yang cocok dilakukan selama social distancing sehingga anda tetap sehat. Kegiatan olah raga di rumah bisa divariasikan dan bisa jadi rutinitas yang seru. Agar tidak bosan di rumah dan hanya bermalas-malasan saja. Tetap lakukan olah raga sehingga tubuh tetap bugar dan sehat. Kamu bisa memilih salah satu olah raga yang sudah disebutkan di atas atau mengkombinasikan beberapa olah raga sekaligus. Selamat mencoba!

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN