5 Objek Wisata di Batusangkar yang Tak Boleh Luput Saat Liburan ke Sumatera Barat

5 Objek Wisata di Batusangkar yang Tak Boleh Luput Saat Liburan ke Sumatera Barat

Berbagai objek wisata di Batusangkar menawarkan pesona pariwisata khas Indonesia yang tak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Sumatera Barat. Dengan berkunjung ke Kota Batusangkar kamu pun bisa mempelajari adat dan sejarah suku Minangkabau. Ditambah lagi kota ini sudah tidak diragukan lagi soal kelengkapan fasilitas – fasilitas penunjang bagi wisatawan. Pemerintah daerah begitu getol mengkampayekan potensi luar biasa di bidang pariwisata.

Rekomendasi Objek Wisata Terbaik di Batusangkar

Indahnya pemandangan alam, eloknya budaya khas Minang, hingga keunikan arsitektural di kota ini akan membuat kamu lupa deh dengan penatnya tuntutan hidup sehari – hari. Jadi tidak salah bila merencakan untuk berlibur ke sini dalam waktu dekat. Setidaknya satu kali seumur hidup, liburan di Batusangkar akan sangat membekas dalam ingatan. Tapi objek wisata apa saja patut masuk dalam list destinasi utama? Teutama bagi kamu penggemar traveling, berikut referensi tempat-tempat wajib dikunjungi saat berada di kota tersebut.

1. Wisata Puncak Pato

Puncak Pato berada di Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. Tepatnya di desa Nagari Batu yang lokasinya kurang lebih berjarak 17 kilometer dari pusat kota Batusangkar. Jika kita golongkan, objek wisata di Batusangkar satu ini masuk sebagai salah satu wisata sejarah. Disinilah peperangan antara Kerajaan Paderi melawan para penjajah pernah berlangsung. Ketika kamu menginjakan kaki di Puncak Pato indahnya alam akan langsung  menyapa. Luasnya sawah dan barisan pepohonan terhampar luas. Memberikan kesejukan di tiap sudut mata memandang. Pokoknya datang ketempat ini sangat menyegarkan mata dan tubuh deh.

2. Danau Singkarak

Kamu pasti tahu dong Danau Toba yang terkenal seantero Sumatera Barat. Ternyata ada juga danau yang luasnya berada di urutan kedua di provinsi ini. Dengan luas mencapai 107 kilometer persegi, danau Singkarak membentang di wilayah Solok dan Wilayah Tanah Datar. Kamu harus jarak 33 kilometer untuk sampai ke Danau Singkarak. Sampai di sana, kamu akan melihat pemandangan yang sama indahnya dengan Danau Toba. Selama perjalana dari pusat kota pun kamu akan disuguhi pemandangan alamat yang fantastis.

3. Air Terjun Lembah Anai

Inilah objek wisata legendaris milik Sumatera Barat yang masih sangat mudah di jangkau dari Kota Batusangkar. Letak Air Terjun Lembah Anai menjadikannya begitu ikonik. Menjulang setinggi 35 meter, air terjun ini ada di samping jalan raya dan rangkaian rel kereta api.  Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Suara gemericik khas air terjun pun begitu menentramkan jiwa raga tiap pengunjungnya.

4. Objek Wisata Rumah Gadang Kampar Nan Panjang

Objek wisata di Batusangkar lainnya adalah Rumah Gadang Kampai Nan Panjang. Meski tidak berada di teritorial Kota Batusangkar namun berjarak 13 kilometer saja dari pusat kota. Daya tarik utamanya adalah usia rumah yang sudah berdiri dari 300 tahun silam. Rumah dengan gaya arsitektural khas Minang ini mempunyai 7 buah kamar. Ukuran masing-masing kamar sama besar dengan panjang 3 meter dan lebar 1.5 meter. Kamu pasti akan berbecak kagum deh bila melihatnya.

5. Istana Basa (Pagaruyung)

Istana Basa atau Istana Pagaruyung ini bisa dikunjungi di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Sumatera Barat. Berdiri sebagai sebuah destinasi wisata, istana ini pada dasarnya hanyalah replika dari istana asli yang berlokasi di atas Bukit Batu Patah. Istana Basa terdiri dari 72 tonggak, 3 lantai, dan 11 gonjong. Karena kemegahannya itulah setiap pengunjung tidak akan pernah lupa untuk mengabadikan momen kunjungan kesini dengan berswafoto dan memamerkannya di jejaring sosial.

Itulah 5 objek wisata di Batusangkar paling recommended untuk anda kunjungi. Sebagai bonus informasi, aneka kuliner khas yang bisa anda temukan disana antara lain adalah Sate Didong, Randang Baluik, Pangek Ikan Lapuak, Kerupuk Jangek, Lamang Tapai, Daun Kawa, Dadiah, dan masih banyak lagi. Silahkan telusuri sendiri ya.Nah, jangan lupa sebelum kesana ada baiknya anda sekilas mempelajari bagaimana adat istiadat setempat sebagai bekal bagi anda agar tidak merasa kesulitan dalam beradaptasi selama berlibur di Kota Batusangkar.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN