Muhammad Rudi Kuasai Basis Suara Terbesar di Kepri

Walikota Batam Haji Muhammad Rudi atau HMR diprediksi bakal menjadi penantang kuat petahana Ansar Ahmad pada Pemilihan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) 2024. Bahkan HMR difavoritkan bisa memenangkannya.

Hal itu disampaikan oleh Pengamat politik dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) Rahmayanti Kusumaningtyas. Menurutnya ada sejumlah alasan HMR akan mengungguli Ansar.

Pertama, HMR menguasai suara di Batam yang notabene basis terbesar pemilih di Kepri. Ia mengatakan dengan menguasai Batam peluang HMR untuk memenangi Pilkada Kepri cukup besar.

“Kenapa saya katakan HMR yang berpeluang memenangi Pilgub Kepri 2024 karena dia penguasa di Kota Batam. Kita tahu pemilih terbesar di Kepri ada di Kota Batam. Siapapun yang menguasai wilayah ini punya peluang besar untuk menang di Kepri,” kata Rahmayanti pada Kamis (11/04/2024).

Sebagai informasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kepri pada Pemilu 2024 lalu sebanyak 1.500.974 orang. Sementara pemilih di Batam mencapai Kota Batam 851.614 orang. Itu artinya jumlah pemilih di Batam lebih dari 50 persen total pemilih di Kepri.

Rahmayanti menegaskan mayoritas warga Batam besar kemungkinan akan mengarahkan dukungannya kepada HMR pada Pilgub 2024 nanti. Hal itu karena tingginya tingkat kepuasan warga Batam atas kinerja HMR selama memimpin.

“Tingkat kepuasan warga Batam sangat tinggi pada HMR. Ini sebuah kode jika mayoritas mereka nantinya akan mendukung HMR di Pilgub Kepri 2024,” ujarnya.

Rahmayanti memaklumi warga Batam puas atas kinerja HMR. Pasalnya di bawah kepemimpinan Rudi, Batam mengalami kemajuan yang sangat signifikan.

“Kok biasa kepuasannya tinggi sekali itu? Itu karena HMR sukses membuat Batam sebagai kota modern dan maju, pusat ekonomi, pusat transit, pusat belanja dan wisata, kota bisnis dan pusat pertumbuhan ekonomi. Jadi memang warga Batam menyaksikan serta merasakan betul segala kemajuan di kota tersebut. Hal sama sebenarnya dirasakan warga Kepri yang tidak tinggal di Batam, karenanya besar kemungkinan warga luar Batam inginkan HMR jadi Gubernur Kepri agar kemajuan Kota Batam menular ke Kabupaten Kota lainnya di Kepri,” pungkasnya.