Aneka menu Makanan Khas Melayu yang menggugah Selera

Aneka menu Makanan Khas Melayu yang menggugah Selera

Indonesia sangatlah terkenal dengan keberagaman yang dimilikinya. Mulai dari kebudayaan, kesenian, bahasa, suku, agama, tempat wisata, hingga menu kulinernya yang melegenda. Nah, untuk kulinernya sendiri juga sangatlah beragam loh. Salah satunya yakni menu kuliner khas melayu. Masakan ini biasa ditemukan di sekitaran daerah Batam, Riau, atau beberapa daerah lainnya di Sumatera.

Menu Makanan Khas Melayu dengan Cita Rasa Lezat

Ciri khas dari makanan khas melayu ini adalah rasanya yang unik dan tak ditemukan di daerah lain loh. Selain itu, bumbu rempah yang digunakan pun juga cukup beragam sehingga menimbulkan cita rasa yang kuat. Masakan tersebut pastinya mampu menggugah selera makan deh  Nah, jika memiliki kesempatan untuk mengunjungi daerah melayu, anda wajib banget mencoba aneka makanan ini. Berikut ini beberapa menu makanan khas dari melayu yang bisa jadi pilihan anda.

1. Soto Mak Paru Terkejut

Mendengar namanya mungkin akan sedikit terasa sedikit aneh. Meski begitu, cita rasa dihidangkan tidaklah mengecewakan. Hampir sama seperti soto pada umumnya, Soto nak paru terkejut ini memakai banyak bumbu rempah dan bahan utama loh. Bahan tersebut antara lain mie soun, daging sapi, kacang dan bahan kedelai yang menjadi bahan utama pembuatannya. Selain itu, ada pula bahan utama lain seperti emping, kentang, dan juga touge. Saat mencicipinya akan terasa sensasi asam dan pedas di lidah, sehingga bakal bikin anda terkejut deh. 

2. Gulai Rampai

Tak kalah dari Soto nak paru terkejut, masakan Gulai rampai juga menggunakan aneka bumbu rempah loh di dalamnya. Sementara untuk bahan utamanya, ada beberapa bahan seperti petula, terong, kacang panjang, rimbang, kincung, dan juga ebi. Penyajiannya disuguhkan dalam sebuah mangkok yang berisi bahan utama Gulai rampai. Selanjutnya, tambahkan kuah gulai supaya rasanya jadi makin nikmat. Nah, tertarik untuk mencoba Gulai rampai khas melayu?

3. Sup Tunjang

Makanan khas melayu selanjutnya adalah Sup Tunjang. Menu makanan ini menjadi salah satu sajian yang biasa dihidangkan saat musim dingin. Suguhan dari Sup tunjang ini hampir mirip dengan tampilan sup buntut. Bedanya ada di tambahan komponennya selain sumsum sapi, serta cita rasa dari berbagai bahan rempah. Rempah-rempah yang digunakan antara lain kayu manis, cengkeh, bawang merah, bawang putih, dan lain lain. Anda pun akan merasakan sensasi gurih dan manis saat menyantap Sup tunjang. Bahkan, sup ini dinilai mampu memulihkan stamina tubuh yang menurun menjadi lebih fit dan sehat. Maka dari itu, yuk coba nikmat dan sehatnya Sup tunjang.

3. Mie Sagu

Menu Mie sagu jadi salah satu sajian paling dinikmati oleh penduduk lokal melayu. Dalam bahan pembuatan mi terdapat tambahan seperti ikan teri, touge, potongan daun kucai, serta beberapa bahan lainnya. Tekstur dari Mie sagu ini juga cenderung lebih kenyal, karena terbuat dari bahan sagu sesuai namanya. Berbeda dengan mi kebanyakan yang menggunakan bahan dasar tepung terigu. Mengonsumsi Mie sagu juga sangat baik loh untuk kesehatan tubuh. Misalkan saja pemenuhan nutrisi pada saat pengobatan, khususnya pada penderita penyakit diabetes.

4. Asam Pedas Patin

Sesuai namanya, bahan utama pembuatan masakan ini adalah ikan patin. Sementara untuk bumbunya menggunakan berbagai bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, sereh, dan juga kunyit. Selain itu ada juga tambahan daun jeruk, cabe, tomat, dan perasan jeruk nipis untuk menciptakan sensasi asam. Menu olahan ikan patin ini bisa dengan mudah anda temukan di warung atau rumah makan lokal loh. Rasa asam pedas patin ini benar benar khas dan beda deh dari menu buatan sendiri.

5. Cencaluk

Berjalan-jalan ke daerah melayu, tak lengkap rasanya jika melewatkan sajian khas Cencaluk. Masakan khas dari melayu ini menggunakan bahan udang geragau, dengan proses pembuatan yang cukup panjang. Berbeda dengan masakan udang kebanyakan, Cencaluk tidaklah menyuguhkan sajian udang besar. Melainkan, udang geragau lebih dulu dihaluskan dan dicampurkan bumbu rempah khas melayu. Sehingga hasil akhirnya, Cencaluk memiliki tekstur seperti bubur dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Nah, tertarik untuk mencoba kelima menu makanan khas melayu yang menggugah selera di atas? Jadi bagi anda yang melakukan perjalanan ke melayu, tentu akan lebih berkesan deh jika menjajal keunikan masakan ini. Sayang banget kan jika berjalan-jalan ke melayu namun hanya menikmati makanan yang biasa-biasa saja? Maka dari itu, yuk eksplore pengalaman kuliner anda dengan menikmati berbagai menu pilihan di atas!

 

 

 

 

 

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN