Jangan Sepelekan Kebiasaan Membaca Bedtime Story Pada Anak, Ini Manfaaatnya

Jangan Sepelekan Kebiasaan Membaca Bedtime Story Pada Anak, Ini Manfaaatnya

Membacakan anak bedtime story selalu membawa koneksi positive bagi pembaca dan pendengar. Bisakah kamu meluangkan sepuluh menit sebelum sang buah hati tidur dan membacakan cerita untuk mengantarnya tidur. Masih banyak manfaat yang kamu dapat rasakan hanya dengan menerapkan kebiasaan ini. Apa sajakah itu?

Membaca Bedtime Story Bagi Hubungan Ortu dan Anak

Meluangkan waktu untuk anak dapat membangun karakternya. Apakah kamu pernah mencoba membaca cerita untuknya sebelum tidur? Bahkan meluangkan waktu sepuluh menit tiap harinya. Anak Anda akan memiliki padangan berbeda antara hubungan orang tua dan anak. Berikut adalah pengaruh lainnya.

1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Keterampilan berbahasa termasuk empat hal yang saling berkaitan. Salah satu bagian yang sangat penting adalah membaca. Dengan membaca kamu akan lebih mudah menulis, mendengarkan dan berbicara. Selama anak mendengarkan ibu atau bapaknya bercerita.

Kemampuan berbahasanya pun meningkat. Anak akam meproses cerita yang telah didengarnya dengan cara menceritakan kembali, menuliskannya atau terus-menerus ingin mendengar cerita yang sama- dalam kurun waktu yang dekat.

2. Memperkuat Bonding Anak dan Orang Tua

Waktu berkualitas bukan berapa lama Anda berinteraksi dengan Anak. Tentu pengaruhnya berbeda antara menghabiskan saat akhir pekan dengan tiap hari selama sepuluh menit berinteraksi.

Setelah disibukkan dengan kesibukan masing-masing baik di kantor atau sekolah, anak dan orang tua wajar meluangkan waktu bersama. Salah satunya adalah membaca sebelum pergi tidur. Nilai lebih dari aktifitas ini adalah koneksi antara oran tua dan anak saat saling bercerita. Sangat mudah untuk memulai percakapan dari cerita yang baru saja dibaca bersama.

3. Menciptakan Minat Baca

Untuk menularkan sebuah hobi hal yang paling utama adalah menjadikannya kebiasaan. Tentu akan menyukai kegiatan memasak atau bebenah rumah kalau hal tersebut sering dilakukan sejak kecil. Memiliki minat pada sesuatu adalah hal yang tidak bisa dipaksakan.

Melainkan sebagai proses panjang dan lama yang berproses. Nah, salah satu cara meningkatkan minat baca dapat dilakukan dengan membacakan bedtime story dengan rutin dan berkelanjutan. Berlahan dan pasti minat tersebut bisa tumbuh pada diri sang buah hati.

4. Mengembangkan Imajinasi

Kurangnya imajenasi dalam kehidupan sehari-hari sering dikaitkan dengan ketidak mampuan untuk membayangkan hal-hal selain yang ada dihadapan mata. Anak yang mendengarkan berbagai cerita tentang dongeng, hikayat, legenda bahkan dokumentari akan secara aktif melihat apa yang didengarnya melalui imajenasi.

Inilah apa yang terjadi ketika kita melihat film dari sumber buku yang pernah kita baca sebelumnya. Ekspetasi dari film menjadi berbeda karena imajenasi kita sudah memiliki gambaran yang berbeda.

5. Melatih Fokus

Anda bisa berada dalam tempat yang sama namun bisa saya fikiran sedang bergulir ke hal lain. Mendengarkan sebuah cerita saat bedtime story juga melatih Anak untuk dapat fokus mendengarkan.

Hal ini bisa diketahui dengan meminta Anak untuk menceritakan kembali cerita yang baru saja didengarnya. Bila sang tidak ingat sama sekali, hanya ingat garis besarnya atau bahkan menambahkan detail yang jauh dari jalan cerita. Maka, Anda akan tahu seberapa besar fokusnya saat mendengarkan cerita.

6. Mempersiapkan Tidur yang Berkualitas

Beberapa orang tua mengajarkan berdoa sebelum tidur. Hal tersebut sering dipercaya dapat menjaga Anak dari mimpi buruk dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Menyertakan dongeng penghantar tidur akan dapat menambah rasa nyaman dan lebih siap untuk menutup mata dan tertidur lelap.

Cerita Anda bisa sesuatu yang menghibur dan sesuatu yang bisa dibicarakan bersama sampai rasa kantuk datang. Tentu, pengaruhnya akan sangat berbeda bila Anak bermain gawai atau menonton TV sebelum tidur di malam hari. Tergantung dengan tayangan yang dilihatnya, bisa jadi Anak justru gelisah saatt tidur dan bahkan bisa menyebabkan mimpi buruk.  

7. Meningkatkan Pembendaharaan Kata

Bayangkan kesulitan anak ketika tidak dihadapi sebuah cerita dengan bahasa yang rumit. Kebiasaan membacakan cerita sebelum tidur bisa dijadikan acara keluarga untuk menambah kosa kata sang buah hati.

Buatlah suasana santai sehingga anak bisa bertanya tentang kata yang tidak dipahaminya. Hal ini sepertinya bukaan masalah besar, namun bila memilih buku yang tepat dengan pilihan kata yang sesuai. anak kamu akan tubuh menjadi orang ber

Jadi, bagi para orang tua yang merasa menemani anak sambil membacakan cerita hanya membuang-buang waktu saja. Fikirkan berbagai manfaat yang telah dibahas di atas. Jangan melewatkan kesempatan untuk meluangkan waktu dengan anak saat ini juga. Sempatkan membaca bedtime story sekarang juga! Karena aktifitas tersebut membawa kebahagiaan selain membuka wawasan tentang kehidupan.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN