7 Manfaat Renang Bagi Tubuh yang Wajib Kamu Tahu!

7 Manfaat Renang Bagi Tubuh yang Wajib Kamu Tahu!

Berenang, sebuah olahraga yang menyenangkan karena untuk melakukannya tubuh dapat sembari menikmati segarnya air. Namun bukan olahraga namanya jika tidak ada manfaatnya bagi tubuh. Jadi apa saja kira – kira manfaat renang bagi tubuh? Ketahui penjelasannya pada ulasan berikut.

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh Manusia

Secara garis besar berenang mampu memberikan pengaruh baik terhadap organ dalam hingga anggota fisik kita. Nah, untuk bisa merasakan manfaat yang ada maka tidak akan cukup bila anda hanya sesekali saja mengerjakannya. Dampaknya akan diperoleh secara maksimal dengan menjadikan olahraga ini sebagai hobi atau kebiasaan.

1. Membuat Jantung Tetap Sehat

Manfaat renang bagi tubuh yang pertama adalah berdampak baik terhadap kesehatan jantung. Berenang dengan gaya apa pun faktanya membuat banyak otot tubuh aktif bergerak. Artinya pembuluh darah jadi lebih aktif dalam menyuplai oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dan karena jantung adalah sentral peredaran darah, otomatis organ satu ini pun terlatih untuk bekerja secara optimal.

Pengaruh positif ini telah dibuktikan secara ilmiah. Kalau kamu berenang rutin selama 12 minggu akan terdeteksi peningkatan kadar volume darah dipompa hingga 18%. loh. Jadi, peluang kena stroke akan berkurang. Tak hanya itu olahraga air ini juga ternyata bisa mencegah gula darah tinggi.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Secara signifikan berenang membuat jadi lebih kuat dalam waktu relatif singkat. Bahkan kamu bisa meningkatkan masa otot trisep sebesar 25% setelah berenang rutin minimal 8 minggu berturut-turut.

Nah, kalau kamu ingin membentuk tubuh atletis wajib berenang sebagai menu wajib sehari-hari. Disarankan untuk memanfaatkan berbagai jenis gaya renang sesuai otot tubuh yang ingin dilatih. Kerjakan dengan penuh konsentrasi dan lakukan tiap gerakannya secara sempurna.

3. Menjaga Kesehatan Paru-paru Hingga Menyembuhkan Asma

Apakah kamu merasa sering cepat kehabisan nafas saat beraktivitas? Jika iya maka coba sembuhkan itu melalui kegiatan renang secara rutin. Saat berenang kamu dituntut untuk bisa memanfaatkan suplai oksigen yang masuk dalam tubuh secara efisien. Dalam hal ini organ paru-paru yang sehat umumnya mampu membuat mudah mengadaptasikan diri.

Nah, jika sebelumnya kamu sering kehabisan nafas, maka olahraga ini akan memperbaikinya.  Secara terus-menerus organ pernafasan akan berfungsi baik. Bahkan manfaat renang bagi kesehatan paru-paru sampai pada titik mampu mengurangi tingkat kronis penyakit asma. Pasalnya selama berenang pernafasan penderita asma akan mendapat bantuan kelembaban udara ketika berenang.

4. Menjadikan Tubuh Rileks dan Lepas dari Stress

Perlu anda ketahui bahwa berenang telah terbukti mampu membuat tubuh jadi lebih rileks. Ketika anda sudah hampir jatuh dalam jurang perasaan stress akibat jemu dengan rutinitas maka gunakan kesempatan luang anda untuk berenang.  Sejak pertama anda masuk ke dalam kolam renang air akan langsung membuat anda merasa lebih tenang. Setelah selesai berenang tubuh anda pun akan otomatis terasa lebih bugar.

Pembuktian mengenai hal ini salah satunya adalah survei di Taipei, Tiongkok. Memiliki sebanyak 44 responden yang dilaporkan sedang dalam keadaan depresi. Ketika mereka telah menjadikan renang sebagai aktivitas rutin, hasilnya hanya tersisa 8 responden saja yang masih dirudung rasa depresi.

5. Memelihara Kondisi Berat Badan Ideal

Manfaat renang bagi tubuh berikutnya adalah pengaruhnya bagi berat badan. Faktanya berenang tidak mempermudah pengendalian berat badan agar tetap ideal. Misalkan, hanya butuh waktu 1 jam berenang untuk membakar sebanyak 100 s.d. 200 kalori. Tapi perlu diketahui juga angka tersebut dipengaruhi oleh kesungguhan kamu dalam berenang. Hitungan tersebut dapat dijadikan patokan intensitas olahraga renang yang minimal harus dituntaskan.

6. Meminimalisir Rasa Nyeri Bagi Penderita Radang Sendi

Berenang punya manfaat tersendiri bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit radang sendi. Sesuai dengan hasil kajian terhadap penderita osteoarthritis dimana saat mereka sering berenang rasa nyeri serta kaku pada sendi turun secara signifikan. Lebih spesifik lagi, berenang menjadi olahraga paling aman dan efektif untuk meredakan nyeri kronis pada bagian punggung bawah.

7. Fungsi Otak Lebih Prima

Tentu kamu tidak menyangka kalau berenang bisa buat otak lebih cerdas. Penjelasan mengenai hal ini yaitu karena berenang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru. Disertai juga dengan berkurangnya peradangan dan resistensi insulin. Selain itu, berenang berefek pada hormon endorphin. Bila tubuh melepaskan hormone tersebut maka akan memperbaiki mood. Nah, dengan begitu tentu kamu jadi lebih mudah berfokus tentunya.

Setidaknya itulah 7 manfaat renang bagi tubuh yang kamu bisa rasakan sendiri. Lantas, setelah kamu mengetahui fakta ini jangan jadikan sekedar wawasan semata. Waktunya bagi kamu untuk menikmati sendiri manfaat yang didapatkan dengan berenang. Bila kamu menargetkan diri untuk bisa mendapat manfaat maksimal, maka tentu akan merasakan benefitnya. Jadi, kapan berencana pergi berenang?

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN