6 Makanan Khas Sunda Ini Wajib Dipraktekan di Rumah, Dijamin Bikin Nagih

6 Makanan Khas Sunda Ini Wajib Dipraktekan di Rumah, Dijamin Bikin Nagih

Berbicara kuliner memang tak ada habisnya, setiap kota memiliki kuliner andalan untuk menarik minat banyak orang. Salah satunya kuliner khas suku Jawa Barat yang menjadi primadona banyak orang. Apalagi Sunda memiliki hasil pertanian berupa sayur mayur dan beras yang melimpah, alhasil masakan khas Sunda beragam. Kamu tak perlu risau kesusasahan membuat makanan tersebut karena pembuatannya sederhana sehingga mudah dipraktekan.

Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Populer

Sejatinya, masyarakat Sunda menyukai lalapan beserta sambal karena dianggap menambah kelezatan. Apalagi menu tersebut disukai masyarakat berbagai daerah, pastinya kamu termasuk jika penyuka pedas. Bingung membuat menu makanan Sunda? Berikut ada rekomendasinya:

1. Nasi Tutuk Oncom

Kamu penyuka oncom? Menu nasi tutuk oncom wajib dicoba karena rasanya yang lezat dan menggugah selera. Makanan tersebut cocok dimakan saat pagi, siang maupun sore hari. Sejatinya sajian makanan tersebut terdiri dari nasi yang dicampur tumisan oncom maupun oncom bakar, tentunya tingkat kepedasan dapat di sesuaikan dengan selera beserta lauk pauk.

Kamu dapat menyajikan makanan untuk keluarga, dijamin mereka betah di dalam rumah. Pastikan menyediakan lauk pauk favorit anggota keluarga ya agar mereka merasakan kelezatan sesuai selera. Jangan lupa sediakan ayam goreng atau ikan goreng karena menambah selera makan, apalagi ayam dan ikan kesukaan anak-anak.

2. Sayur Asem

Kamu pasti mengetahui sayur asem populer di berbagai daerah, siapa sangka sayur asem adalah menu khas Sunda. Mayoritas orang menyukai sayur asem karena cocok dipadukan dengan menu makanan lainnya, pastinya sambal menjadi pelengkap kelezatan, selain itu kuahnya sangat menyegarkan sehingga membangkitkan semangat beraktifitas. Tak ayal kebanyakan orang menyajikan sayur asem di rumah karena disukai semua orang, pastikan perpaduan lauk pauk beragam ya.

Selain itu sayur asem identik dengan perpaduan ikan asin goreng, alteratif lain pilihlah ikan goreng karena menjadi kesatuan kelezatan makanan.

3. Empal Gentong

Sebagian orang masih awam dengan menu khas Cirebon berupa Empal Gentong yang sajiannya menyerupai gulai, menu tersebut wajib dipraktekan di rumah karena cita rasanya yang nikmat. Menariknya lagi menu tersebut mampu membangkitkan keharmonisan keluarga loh karena diminati banyak orang, sejatinya empal gentong dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Alhasil cocok dijadikan kegiatan seru pasangan suami istri menjalin keharmonisan memasak menggunakan kayu bakar.

Sementara usus, babat dan daging sapi menjadi bahan utama makanan tersebut sehingga membuat cita rasanya gurih dan nikmat. Pastikan kamu menyajikan bersama lontong maupun nasi ya sehingga menyehatkan, campuran bumbu rempah-rempah empal gentong membuatnya cocok dijadikan makanan berbagai acara. Misalnya acara arisan keluarga, menyambut tamu spesial maupun perayaan hari besar.

4. Mi Kocok

Mi kocok termasuk makanan khas Sunda Bandung yang cocok dijadikan sarapan atau menu makan malam, sementara bahannya berupa mi kuning dan kuah bumbu sapi. Mi kocok cocok diasajikan bersama bakso, tauge rebus maupun kikil agar rasanya semakin lezat. Jangan lupa taburkan seledri, jeruk nipis dan bawang goreng sebelum di sajikan ya agar baunya harum dan mengguhah selera.

5. Soto Bandung

Setiap kota memiliki sajian soto andalan yang diminati masyarakat, sama halnya dengan Bandung yang sajian sotonya unik dan nikmat. Pasalnya soto Bandung menggunakan bahan utama tetelan daging sapi dengan bumbu rempah lengkuas, jahe, gula, serai, bawang merah dan bumbu pelengkap lain. Apalagi pada mangkuk penyajian sudah ditambakan kacang kedelai goreng, irisan lobak rebus, bawang merah goreng agar tampilannya menarik dan menggugah selera.

Kamu wajib membuatnya di rumah, dijamin rasa malas menyantap makanan hilang karena tampilan soto Bandung yang unik dan baunya harum.

6. Doclang

Doclang terbilang mirip dengan ketupat karena terdapat lontong sebagai bahan utamanya, tetapi cita rasanya sangat lezat sehingga membangkitkan selera makan. Doclang disebut medhok dengan kacang karena cita rasa bumbu kacangnya sangat kental karena gula merahnya banyak, belum lagi bahan pelengkap irisan kentang rebus, kerupuk atau emping tangkil, telul rebus dan tahu goreng sehingga doclang sangat lezat. Dijamin aggota keluarga menyukai makanan yang kamu buat, bahkan menjadi menu makanan favorit.

Sunda memiliki menu makanan yang lezat dan membuatmu ketagihan, untuk itulah ke 6 rekomendasi diatas dapat diprektakan di rumah. Dengan begitu keluarga tidak bosan sajian makanan yang itu-itu saja.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN