Berita  

Libur Panjang Maulid Nabi 2024, 43.096 Penumpang dan 11.080 Kendaraan Telah Kembali dari Sumatera menuju Jawa

Bakauheni, 17 September 2024 – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berhasil mengelola arus balik periode libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 dengan optimal. Pada Senin (16/09), tercatat 43.096 penumpang dan 11.080 kendaraan menyeberang dari Pulau Sumatera ke Jawa melalui jalur Bakauheni-Merak. Peningkatan signifikan ini diantisipasi dengan baik oleh ASDP melalui koordinasi yang solid dan pelayanan yang prima.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan bahwa saat momen libur panjang Maulid Nabi kemarin terjadi peningkatan trafik penumpang dan kendaraan walau tidak signifikan seperti saat libur Hari Raya. “Secara keseluruhan pantauan trafik libur panjang yang bersamaan dengan akhir pekan terjadi peningkatan meski tidak melampaui hari raya. Alhamdullilah, layanan penyeberangan di sejumlah titik layanan berjalan lancar, aman dan terkendali, mulai dari arus berangkat hingga balik. Tentunya, hal ini didukung koordinasi aktif dan sinergi kuat seluruh aparat, mitra kerja dan tentunya pengguna jasa ferry,” ungkap Shelvy.

Sebagai tulang punggung transportasi penyeberangan nasional, ASDP terus berinovasi dalam memberikan layanan yang andal dan berkualitas. Arus balik libur panjang Maulid Nabi kemarin menjadi salah satu bukti komitmen ASDP dalam mendukung kelancaran mobilitas masyarakat. Dengan pengelolaan armada yang efisien dan penambahan frekuensi pelayaran oleh regulator BPTD, hingga kesiapan infrastruktur, ASDP turut mendukung agar dapat menghadirkan setiap layanan penyeberangan yang prima.

Untuk menjamin kenyamanan pengguna jasa, manajemen juga turut meningkatkan keamanan di lapangan dengan penambahan petugas keamanan serta optimalisasi sistem pelayanan, termasuk e-ticketing Ferizy. “Sistem tiket online ini sangat membantu dalam mempercepat proses penyeberangan dan menghindari antrian panjang. Kami imbau kepada masyarakat agar selalu memesan tiket jauh-jauh hari secara online melalui Ferizy untuk perjalanan yang lebih lancar, aman dan nyaman,” tambah Shelvy.

Menurut data posko 24 jam Pelabuhan Bakauheni, jumlah penumpang arus balik pada Senin (16/09) meningkat 49% dari hari sebelumnya, dengan total 43.096 penumpang menyeberang dari Sumatera ke Jawa. Dari jumlah tersebut, 3.724 adalah penumpang pejalan kaki, sementara 39.372 lainnya berada di dalam kendaraan. Jumlah kendaraan yang menyeberang juga mengalami kenaikan 46%, dengan total 11.080 kendaraan.

Secara keseluruhan, pergerakan selama libur panjang Maulid Nabi (13-16/09) mencatat total 127.292 penumpang dan 32.071 kendaraan yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa. Sementara itu, arus penyeberangan dari Jawa ke Sumatera selama periode yang sama mencatat 133.508 penumpang dan 32.559 kendaraan.

Sementara itu, di Pelabuhan Gilimanuk, sebanyak 28.540 penumpang telah kembali dari Bali ke Jawa pada Senin (16/09), di mana 28.117 penumpang berada di dalam kendaraan dan 423 penumpang merupakan pejalan kaki. Untuk kendaraan, tercatat 6.620 unit telah menyeberang dari Bali menuju Jawa dengan 2.047 kendaraan roda dua dan 4.573 kendaraan roda empat atau lebih.

Sedangkan secara kumulatif, selama periode libur panjang Maulid Nabi dari Jumat (13/09) hingga Senin (16/09), total pergerakan penumpang dari Bali ke Jawa mencapai 112.918 orang dan 31.711 unit kendaraan. Sedangkan arus dari Jawa ke Bali dalam periode yang sama tercatat 97.097 orang dan 25.053 unit kendaraan.

Dan untuk kelancaran setiap perjalanan penyeberangan, khususnya di Cabang Utama Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk, ASDP mengimbau kepada pengguna jasa yang akan bepergian dengan kapal ferry agar membeli tiket sejak jauh hari melalui aplikasi ataupun mitra resmi Ferizy.

Pembelian tiket online via Ferizy lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk dapat dilakukan sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan hingga maksimal H-1. “Kami minta kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan keberangkatan sejak jauh hari, pastikan telah bertiket sebelum berangkat, dan tiba di pelabuhan sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket,” ujar Shelvy.

Dengan sistem yang semakin terintegrasi dan layanan yang terus diperbarui, ASDP berkomitmen untuk memastikan layanan kepentingan umum terpenuhi, serta menjaga kualitas layanan bagi seluruh pengguna jasa. Ke depannya, ASDP akan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang lebih efisien dan aman, menjadikan perusahaan ini sebagai pilihan utama transportasi penyeberangan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *