Inspirasi Kuliner Pedas Khas Madura Yang Wajib Dipraktekan Di Rumah

Inspirasi Kuliner Pedas Khas Madura Yang Wajib Dipraktekan Di Rumah

Kuliner pedas disukai masyarakat luas karena cita rasaya yang lengkap dan memberikan sensasi puas menyantap makanan. Bahkan setiap orang memiliki level kepedasan berbeda, setiap daerah memiliki kuliner pedas yang menjadi andalan. Sama halnya dengan Madura, Madura dikenal memiliki kuliner pedas yang unik dan lezat. Kamu bisa loh membuat kuliner pedas Madura, dijamin memberikan sensasi ala Madura.

Rekomendasi Kuliner Khas Madura yang Bercita Rasa

Kamu tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Madura untuk mencicipi kulinernya, cukup bereksperimen membuat kuliner di rumah. Dijamin mengguhah selera makan, bahkan bisa dijadikan makan bersama keluarga besar loh. Alasannya karena kuliner Madura jarang ditemui sehingga selera makan meningkat, berikut kuliner yang dapat dicoba:

1. Bebek Sinjay

Kuliner bebek memang tersedia di berbagai warung, bahkan menjangkau seluruh daerah. Tetapi kuliner bebek sinjay jarang disajikan di warung-warung, bebek sinjay termasuk kuliner populer di Madura loh. Pasalnya cita rasanya nikmat dipadukan dengan sambal mangga, sensasi asam pedas membuat lidah terus bergoyang seraya keringat berkucur akibat efek pedas.

Cara pembuatanya pun mudah, ungkep bebek yang sudah dicampuri rempah-rempah agar bumbu meresap ke dalam bebek. Usahakan ungkep sampai bebek matang sempurna ya sehingga menambah cita rasa, setelah matang goreng  dan sajikan bersama sambal mangga. Agar tampilanya bagus, bebek di geprek dan dilumuri sambal. berikan pelengkap daun kemangi, kol dan ketimun sehingga tampilannya bagus.

2. Nasi Ampong

Bosan dengan menu sarapan yang ala kadarnya? kuliner nasi ampong tepat dijadikan menu sarapan. Dijamin anggota keluarga bersedia sarapan bersama, alasannya kebanyakan masyarakat enggan sarapan karena kesibukan atau malas karena menu yang biasa.

Sejatinya, nasi ampong disebut sebagai nasi jagung karena dipadukan dengan bahan makanan lainnya. Yaitu berisi urap, berbagai sayuran, dan pepes ayam. Sajian nasi ampong semakin nikmat karena terdapat kuah sambal sehingga selera makan meningkat. Jika kamu memiliki asam lambung tetapi pecinta pedas, sebaiknya menyantap nasi ampong saat makan siang atau makan malam.

3. Soto Mata Sapi

Setiap daerah memiliki kuliner soto yang penyajiananya berbeda, tetapi soto mata sapi khas Madura terkenal dengan tingkat kepedasannya. Alhasil disukai masyarakat luas, apalagi memiliki kuah berwarna merah yang terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia, jeruk nipis, irisan cabai hijau dan merah, dan bawang merah.

Anda dapat membuat soto mata sapi saat waktu luang atau acara besar, dijamin sajian ludes seketika karena rasanya yang nikmat. Agar semakin nikmat, kerupuk udang dan gorengan disajikan sehingga menambah keceriaan menyantap makanan.

4. Rujak Dulit

Kuliner pedas Madura selanjutnya adalah rujak dulit, rujak tersebut terbilang unik karena dipadukan dengan bumbu petis. Warna merah dari bumbu tersebut membuat kamu ketagihan karena terbuat dari cabai rawit, terasi, dan bumbu pelengkap. Rasanya menyegarkan dan tepat menjadi teman usai beraktifitas.

5. Kuliner Campor

Kamu wajib mempraktekan kuliner campor karena penyajiannya unik dan rasanya tidak membosankan. Kuliner tersebut berisi singkong rebus, mi soun, kuah pedas dan tulang sapi yang masih muda. Pastikan kamu memasak menggunakan rempah-rempah ya agar tidak mempengaruhi cita rasanya, rasa lapar berkecamuk karena rasaya gurih, pedas bercampur menjadi satu.

Selain itu bahan makananya mudah ditemukan, pastinya harganya terjangkau sehingga tidak memberatkan keuanganmu. Pilihlah waktu tepat memasak agar menikmati campor secara maksimal, pasalnya rasanya bikin nagih dan cocok untuk menghilangkan kepenatan.

6. Tapak Ladeh

Tapak ladeh cocok dijadikan sajian menu lebaran, apalagi lebaran identitik dengan ketupat. Dijamin suasana Madura terasa jika lebaran ditemani tapak ladeh yang sajiannya pedas dengan kuah berwarna merah darah. Sementara kamu bisa menggunakan ketupat atau nasi sesuai selera, lengkap dengan isian daging sapi dan tauge.

Semua orang dapat membuat tapak ladeh di rumah karena pembuatannya mudah, usahakan belanja sebelum lebaran ya agar momen lebaran ditemani kuliner khas Madura. Jangan salah loh, sate ayam cocok dijadikan pelengkap tapak ladeh. Selain itu sate ayam cocok untuk anak-anak karena tidak pedas, pastikan olahan bumbu satenya yang kental dan bercita rasa ya. Alasanya, sate ayam khas Madura memiliki bumbu kacang yang kental sehingga menggugah selera makan.

Madura dikenal sebagai daerah kuliner yang super lezat, tak ayal kuliner Madura selalu dinantikan masyarakat luas. Untuk itulah ke 7 kuliner diatas dapat dipraktekan di rumah, dengan begitu mengobati keinginan pergi ke Madura untuk mencicipi kulinernya.

 

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN