Toxic Relationship adalah Jebakan Situasi yang Sulit Dihindari. Kenali Ciri-Cirinya

Toxic Relationship adalah Jebakan Situasi yang Sulit Dihindari. Kenali Ciri-Cirinya

Apakah kamu merasa ada perasaan tidak benar dalam hubunganmu? Hati-hatilah mungkin saja tanpa disadari kamu berada dalam hubungan tidak sehat. Toxic relationship adalah kondisi nggak sehat bagi pasangan, baik sudah menikah atau belum. Tentu, secara logika kita merasa tidak akan pernah menjalin hubungan yang tidak benar, merugikan dan bahkan menyakitkan. Tapi, sadarkan kamu kalau sebenarnya sedang disakiti? Maka dari itu, perlu kamu kenali ciri-ciri toxic relationship dan cara menghindarinya

Toxic Relationship Adalah Hubungan Seperti Apa?

Sebenarnya hal-hal kecil yang menganggu fikiranmu adalah pertanda. Secara naluri kita ingin diperlakukan baik sebagaimana kita memperlakukan orang lain. Ada saja alasan atau nalaran lain yang dilontarkan entah pasangan, teman atau bahkan orang tua kita sendiri. Sehingga, seperti apa toxic relationship juga juga jadi kabur. Yang kamu perlukan adalah mengevaluasi hubunganmu, apakah ada ciri-ciri berikut di dalamnya?
 

1. Selalu Salah

Hubungan tidak pernah mulus. Pasangan yang bertengkar tentu adalah hal yang wajar. Namun, bila kamu selalu dipojokan dan dipersalahkan untuk semua hal yang terjadi. Tunggu dulu, ada sesuatu yang salah disitu. Ini adalah ciri kalau kamu berada dalam sebuah hubungan sayang paling tidak sehat.

Kala kamu disalahkan karena masakan tidak enak, kurang bisa bergaul, tidak akur dengan keluarga pasangan bahkan sampai kurang mendukung karirnya. Kala kamu senantiasa harus minta maaf bahkan saat tidak melakukan kesalahan apapun. Lama-kelamaan hubungan tersebut akkan meracuni bukan saja hubungan kamu, namun juga rasa percaya dirimu.

2. Takut Sendiri Karena Terlalu Bergantung

Enaknya memiliki pasangan adalah adanya seseorang untuk membantu, menemani bahkan mendengarkan keluh kesalmu. Namun bisa jadi kamu menjadi tidak bisa melakukan apapun sendiri. Bahkan karena harus ditemani oleh pasangan atau larangan langsung darinya. Apakah kamu bahkan bisa memutuskan sendiri makanan apa yang ingin kamu makan hari ini? atau pakaian mana yang bisa dikenakan?

Toxic relationship adalah hubungan yang membuat kamu merasa tidak cukup baik dan berbagai perasaan negatif lainnya. Kalau segala sesuatu yang kamu lakukan selalu berpotensi dikritik oleh pasangan. Atau kamu tidak bisa membuat keputusan sendiri dan harus bertanya pada sang pasangan. Sampai kapan kamu membiarkan dirimu terjebak dalam hubungan tidak sehat tersebut?

3. Hubungan yang Terlalu Mengatur

Salah satu ciri pasangan yang saling menyayangi adalah saling memberikan masukan dan pendapat. Bahkan bisa saja, hal tersebutlah yang membuat dua orang menjalin hubungan serius. Mulanya berawal dari saran ringan, lambat-laut menjadi sebuah serangkaian aturan yang tidak bisa bantah. Hal tersebut biasanya tidak langsung terjadi di awal hubungan.

Perlahan-lahan bila satu pasangan dibiarkan lebih dominan. Sementara pasangan lain mengambil sikap pasrah. Itulah ciri-ciri toxic relationship yang bisa merusak kepribadian seseorang. Kamu tidak harus mengorbankan hidupmu untuk orang lain loh. Selain itu kamu juga harus dapat menemukan seseorang yang akan menerima dirimu apa adanya. Walau mungkin ada beberapa hal yang perlu dikompromikan. 

4. Silent Treatment

Bagaimana caramu menyelesaikan masalah? Apakah dengan berbicara baik-baik seperti dua orang dewasa. Atau sering terbawa emosi? Jangan salah, orang yang pernah melihat orang tuanya bertengkar dan berpisah atau kejadian yang sama pernah terjadi padanya dari hubungan sebelumnya. Kadang menunjukan perilaku sebaliknya. Alih-alih bertengkar, mereka akan lebih memilih diam dan berperilaku seperti tidak ada masalah apapun.

Hal ini akan semakin parah bila bertemu dengan pasangan yang juga sama-sama takut berantem. Jenis pasangan ini yang sulit menghadapi masalah dan akhirnya diam seribu bahasa. Tapi sisi positifnya bisa saja dengan bantuan orang lain sebagai jembatannya akan dapat membuat pasangan yang bertengkar untuk dapat saling bercerita dan berbicara dengan kepala dingin.

5. Perselingkuhan

Ciri yang satu ini mungkin paling jelas bermasalah namun paling sulit dicarikan solusinya. Pasangan yang melakukan perselingkuhan bisa menyalahkan pasangannya dan pasangan yang merasa tidak melakukan apa-apa yang pantas diselingkuhi akan merasa terpojok dan emosional

Alasan seseorang berselingkuh bisa beragam. Bahkan kemungkinan besar pihak yang diselingkuhi akan antipati menjalin hubungan lain. Keluar dari hungan yang bermasalah karena perselingkuhan tidak pernah mudah diselesaikan. 

Setelah membaca penjabaran di atas. Apakah menurutmu ada satu atau dua hal yang pernah kamu alami sendiri? Walau sulit menerima atau mengakuinya. Toxic relationship adalah kondisi yang sering tidak disadari. Berbicaralah dengan pasanganmu bila ingin diperlakukan lebih baik. Ia bukan ahli nujum yang bisa membaca fikiranmu. Mungkin dengan lebih terbuka, akan ada solusi dari jalinan kasih yang sudah terlanjut terbina.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN