Inilah Kelebihan dan Kekurangan dari Dompet Digital

E-Wallet adalah dompet yang dibentuk dalam bentuk eletronik dan dihubungkan dengan berbagai kartu pembayaran yang sudah diberikan izin terlebih dahulu untuk digunakan bertransaksi secara online, biasanya e-wallet dipasang pada smartphone dan gadget. Didalamnya terdapat informasi penting yang bersifat privasi khusus dan tidak boleh sampai tersebar luas apalagi diketahui oleh orang banyak.

Teknologi canggih ini adalah penyelamat kartu kredit dan informasi data penting dimasa kini. Ketika melakukan transaksi kita harus melakukan deposit atau mengisi saldo terlebih dahulu ke dompet online.

Alasan Memakai Dompet Digital


E-Wallet atau dompet digital ini lebih aman dibandingan dengan penggunaan kartu kredit secara langsung, hal ini terjadi dikarenakan kompet digital itu sudah berbentuk saldo uang dan tidak perlu lagi kita memberikan informasi - informasi yang bersifat pribadi saat akan melakukan transaksi.

Keuntungan Dompet Digital

1. Aman

Dompet digital memiliki fitur yang amat banyak salah satunya adalah PIN dan KATA SANDI sehingga membuat transaksi menjadi aman, saldo juga tidak akan sembarangan orang tau. Tidak hanya dari segi panel namun saat akan melakukan transaksi juga kita tidak perlu memberikan dokumen dan informasi penting lainnya, cukup scan atau masukan kode pembayaran saja.

2. Mudah digunakan

Kedua, penggunaan dompet digital itu lebih mudah. Tidak perlu membawa dompet kemana-mana yang dimana kita hanya diharuskan memasang aplikasi dompet digital saja di smartphone dan gadget, disana kita dapat melakukan pembayaran dan deposit saldo serta mengatur password dan pin yang hendak digunakan.

3. Murah 

Dengan menggunakan dompet digital kita dapat menghemat pengeluaran biaya seperti pajak dan biaya jasa perantara, Ketika akan melakukan transaksi tidak memerlukan kasir dan orang yang membantu pembayaran kita hanya cukup scan barcode dan memasukan kode saja.

Kekurangan Dompet Digital

1. Dukungan Teknologi

Ketika teknologi menjadi canggih seperti adanya kehadiran dompet digital ini maka kita harus mengembangkan teknologinya juga seperti halnya NFC yang digunakan dalam bertransaksi, tidak semua smartphone dan gadget itu memiliki fitur NFC ini yang menjadikan akses untuk penggunaan dompet digital menjadi terbatas.

2. Masih Terbatasnya Toko 

Memang adanya dompet digital bisa mempermudah dalam melakukan pembayaran, namun tetap saja kita harus membawa dompet yang berisikan uang biasa dikarenakan tidak semua toko yang ada itu mendukung adanya E-Wallet atau Dompet digital ini.

3. Pencairan ang Bersyarat

Setelah melakukan deposit saldo kita akan bertransaksi bahkan bisa mendapatkan potongan harga dari harga aslinya, namun jika ada saldo yang tersisa didalam dompet digital kita hanya bisa mengembalikan ke rekening atau melakukan penarikan saldo tersebut jika sudah verifikasi akun dompet digitalnya, bagaimana dengan nasib orang yang tidak memiliki kartu identitas ? hal tersebut tentunya akan menjadi hambatan ketika menggunakan dompet digital.


Diatas merupakan 3 point kelebihan dan kekurangan kita dalam menggunakan dompet digital, dijaman sekarang masanya serba instan apapun yang dilakukan dan diperbuat akan terjadi secara cepat.

 

Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN