Berkunjung ke Semarang? Wajib Cicipi 8 Kuliner Lezat Ini

Berkunjung ke Semarang? Wajib Cicipi 8 Kuliner Lezat Ini

Semarang termasuk kota terbesar di Jawa Tengah dengan sajian kuliner yang lezat dan menggugah selera, tak ayal masyarakat luar kota rela mengunjungi Semarang. Tentunya menghabiskan liburan dan mencicipi kuliner yang bercita rasa, ajaklah orang tercinta agar wisata kuliner semakin menyenangkan. Alhasil liburan semakin betah karena anggota keluarga merasakan kelezatan kuliner.

Tak perlu khawatir menu kuliner rasanya sangat pedas, pasalnya kebanyakan warung menyuguhkan sajian kuliner berbagai tingkat kepedasan. Anda dapat menyesuaikan dengan selera, pastinya cocok untuk anak-anak. Yang terpenting jauhi makanan pantangan yang memicu penyakit agar kesehatan terjaga.

Kuliner Khas Semarang yang Populer

Sejatinya, kuliner Semarang memiliki cita rasa dan cara pengolahan tersendiri. Dengan begitu anda tidak bosan menyantap kuliner terus menerus, bahkan banyak yang mempraktekan di rumah dan berhasil menjadi menu makanan keluarga. Berikut ada rekomendasi khas Semarang yang wajib di coba, yaitu:

1. Soto Bangkong

Kuliner soto memang incaran masyarakat karena kelezatannya tidak tertandingi, namun soto Bangkong khas Semarang memiliki keunikan. Dinamakan soto bangkong lantaran terdahulu di sekitar warung soto banyak katak atau bangkong, alhasil soto dinamakan soto bangkong hingga sekarang.

Menariknya lagi, soto bangkong memiliki sajian pelengkap daging sapi ayam kampung dengan kecap khusus yang lezat. Alhasil cita rasanya berbeda dengan soto daerah lain, apalagi tampilannya bening dengan sajian soun, tomat, tauge, dan daging sapi yang lembut. Anda dapat mencicipi soto bagkong di Jalan Brigjen Katamso No 1, Karangtampel di Kecamatan Semarang Selatan.

2. Lumpia Semarang

Saat mencicipi lumpia Semarang dijamin ketagihan karena rasanya nikmat dan cocok dipadukan dengan menu lainnya, apalagi terdapat beberapa penyajian. Yaitu di goreng maupun basah, anda dapat memilih sesuai selera. Semetara kulit lumpianya sangat lembut dengan irisanudang, rebung muda yang padat, pastinya cocok menemani berbagai kegiatan di rumah maupun acara penting. Walaupun sangat lezat, tetapi harganya terjangkau sekitar Rp.10.000 sampai Rp. 11.000 per lumpia.

3. Tahu Gimbal

Sepintas mendegar kalimat gimbal identik dengan rambut gimbal, namun saat melihat kuliner khas Semarang berupa tahu gimbal pasti terkejut. Pasalny kuliner tersebut populer dengan kelezatannya yang maksimal, tak lengkap berkunjung ke Semarang tidak menyatap tahu gimbal. Perlu diketahui, olahan kuliner tersebut terdiri dari lontong, tahu goreng, telur ceplok, tauge, rajangan kubis yang mentah dan gimbal atau udang. Selanjutnya racikan menu tersebut di diberi saus kacang petis udang sehingga semakin nikmat. Anda tak akan bosan menyantap tahu gimbal selama di Semarang.

Pastinya kuliner tersebut mudah di praktekan di rumah, tak ayal banyak wistawan yang mencari wawasan membuat olahan tahu gimbal. Walaupun cita rasanya tidak sama tetapi membuat sendiri di rumah menjadi kebanggan, apalagi semua bahannya terjangkau dan mudah ditemukan.

4. Wingko Babad

Wingko babad pasti tak asing di telinga masyarakat luas karena menjadi oleh-oleh khas Semarang. Di berbagai daerah memang ada penjual wingko, tetapi rasanya tidak nikmat seperti wingko babad Semarang, tak ayal menjadi kuliner oleh-oleh yang wajib dibeli. Anda dapat membeli wingko dideretan penjual oleh-oleh atau toko makanan sepanjang kota Semarang.

5. Babat Gongso

Babat gongso memiliki cita rasa yang tinggi dan cocok dilidah semua orang loh, sajia berupa potongan babat da berbagai jeroan membuat kuliner tersebut lezat disantap dengan nasi. Racikan bumbu rempah dan kecap menyatu dengan bahan makanan sehingga menggugah selera makan, banyak penjual babat gongso di restoran maupun penjual kaki lima yang memudahkan masyarakat.

Menariknya lagi masyarakat Semarang tidak bosan menyantap babat gongso secara berkala, cita rasanya yang nikmat tidak pernah berubah. Sementara penderita kolestrol usahakan tidak mengkonsumi babat gongso karena membuat penyakit semakin parah, tak perlu sedih karena banyak kuliner yang aman untuk penderita kolestrol.

Semarang selalu memanjakan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung, banyak kulier lezat yang wajib dicoba dan dijadikan oleh-oleh. Maka, ulasan kuliner diatas wajib dicoba karena bikin ketagihan. Pastikan budget ke Semarang mencukupi ya agar mecicipi berbagai kuliner Semarang yang tidak ada duanya.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN