Berita  

Ingatkan Pentingnya Promotif dan Preventif Kesehatan, Airin Rachmi Diany Ingin Masyarakat Lebih Sehat, Bahagia dan Produktif

Mantan walikota Tangerang Selatan sekaligus bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany mengingatkan pentingnya upaya preventif dan promotif kesehatan di masyarakat.

 

Menurutnya, dengan fokus pada pencegahan penyakit dan promosi gaya hidup sehat, dapat menciptakan masyarakat yang lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih produktif.

 

“Karena promotif, preventif atau penjegahan itu lebih baik, melalui edukasi dan penyuluhan, dapat mendorong perubahan perilaku dan gaya hidup yang lebih sehat di masyarakat,” ujar Airin saat bertemu warga di Kabupaten Lebak, Selasa (2/3/2024)

 

Oleh karena itu, peran Pos pelayanan kesehatan terpadu (Posyandu) dan Pos pembinaan terpadu (Posbindu) sangatlah penting di masyarakat.

 

Melalui program-program pendidikan dan kesadaran kesehatan, kata Airin, upaya promotif dan preventif dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan dan faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan.

 

Hal ini termasuk promosi pola makan seimbang, olahraga teratur, penghindaran kebiasaan merokok, dan kebiasaan sehat lainnya.

 

“Upaya promotif tidak hanya berfokus pada pencegahan penyakit, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Dengan melakukan ini, dapat membantu masyarakat mengadopsi perilaku yang mendukung kesehatan jangka panjang,” pungkasnya.