Wisata

Desa Wisata Kalisalak Tawarkan Wisata Alam dan Religi

Desa Wisata Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Banyumas sedang naik daun tiga tahun belakangan ini. Desa itu berjarak sekitar 15 kilometer di selatan pusat Kota Purwokerto.

Ada apa saja sih di desa ini? Sepanjang awam tahu, desa ini dikenal dengan tradisi Jamasan Pusaka di komplek Langgar Jimat yang digelar setiap bulan Maulud. Ritual pencucian pusaka peninggalan Raja Mataram, Amangkurat II memang selalu ramai. Mereka berburu air bekas cucian pusaka untuk ngalap berkah. Karena dipercaya mendatangkan anugerah.

Tapi jangan salah, Kalisalak tidak hanya dikenal dengan jamasan lho. Tak jauh dari lokasi Jamasan, atau lapangan Desa Kebasen, ada daya tarik wisata Telaga Anteng atau Teleng yang mengandung belerang. Kolam seluas 15 meter ini sudah dikenal masyarakat untuk pengobatan penyakit kulit.

Oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Pesona Kalisalak” tempat ini ditata dan dilengkapi dengan gasebo untuk tempat berteduh sembari menikmati pemandangan. Oh ya, Anda juga perlu mencicipi pecel sayur khas desa. Harganya sangat murah, hanya Rp 3.000 saja.

Tak hanya Telaga Anteng, di bagian timur desa juga terdapat potensi wisata seperti wisata religi Karangbanar atau Makam Syeh Sonhaji, situs Watu Bengkah dan Watu Kemureb. Untuk wisata alamnya terdapat Telaga Anteng, Curug Song, hutan wisata, susur sungai, Bukit Mbulu, berkembah dan Curug Dipacandra.

Tempat yang ngehits untuk bersantai adalah Bukit Mbulu yang berada sekitar 4 kilometer dari utara kantor desa. Kawasan ini menawarkan pemandangan hamparan pepohonan dan beberapa bukit yang menyempurnakan pemandangan bentang alam nan indah. Tepat ditengahnya, Sungai Ontong mengalir membelah perbukitan.

Bukit wisata yang dikelola bersama masyarakat lewat Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) ini baru saja dibuka tahun lalu. Sudah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti gasebo, warung, area berkemah, selfie deck dan jembatan selfie. Tiket masuk ke Bukit Mbulu juga cukup murah, yaitu Rp 4000. Tarif parkir untuk untuk kendaraan roda dua hanya Rp 2000.

Baca : Unsur-Unsur Penting dalam Pengembangan Desa Wisata

Desa ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Dari pertigaan Pasar Patikraja, ambil jalur ke kiri melewati Jembatan Merah yang melintasi Sungai Serayu.

Perjalanan dilanjutkan ke arah selatan hingga masuk wilayah Kecamatan Kebasen. Desa Kalisak berjarak kurang lebih 5 kilometer dari timur Kota Kecamatan Kebasen. [NS]

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close