Harus Tahu, Inilah Cara Untuk Mencegah Penularan Covid 19

Harus Tahu, Inilah Cara Untuk Mencegah Penularan Covid 19

Covid -19 atau yang biasa di sebut Corona Virus ini menjadi suatu masalah yang besar dalam setiap negara. Pasalnya bukan hanya merusak sistem kesehatan tubuh , Corona Virus ini juga merusak sistem ekonomi yang terjadi. DKI Jakarta Sendiri dikabarkan telah mengeluarkan 1.3 trilliun setiap hari untuk mengatasi pandemi virus tersebut.

Dampaknya tidak tanggung-tanggung, rupiah di Indonesia melemah dengan sangat cepat menuju ke angka Rp.16.000 . Para pengamat teknologi khawatir jika ini berlangsung maka krisis ekonomi akan terjadi.

Tidak bisa dipungkiri memang penyebaran covid-19 sangat cepat, bukan hanya melewati udara tetapi mereka juga menular melalui tempat-tempat umum. Terbukti sekarang pasien positif corona sudah menyentuh angka ribuan. Jelas itu bukanlah angka yang sedikit. Pemerintah dan jajarannya telah berusaha untuk memerangi penyeberan virus ini agar bisa dikendalikan.

Arahan Lockdown dari permerintah tersebut nampaknya kurang efektif, kesadaran dari para masyarakat yang kurang menjadi kendala dalam perintah tersebut. Untuk itu sebelum virus Corona menular kepada kamu dan keluarga di sekitar, Kamu Harus Tau Cara Terbaik Untuk Mencegah Penularan Virus Corona atau Covid-19 sebagai berikut.

1. Rutin Cuci Tangan Dengan Sabun

Mencuci tangan menggunakan sabun adalah keharusan, Utamakan menggunakan sabun yang mempunyai kandungan antiseptik agar cepat membunuh kuman. Segeralah cuci tangan setelah kamu melakukan sesuatu dengan benda-benda asing atau bersentuhan dengan seseorang. Lebih tepatnya setelah melakukan hal ini;

  1. Saat tangan terlihat kotor

  2. Setelah buang air besar / kecil

  3. Setelah batuk atau bersin

  4. Setelah kontak dengan orang sakit

  5. Sebelum dan sesaat ingin makan

Selalu cuci tangan menjadi kunci yang utama untuk mencegah penularan virus ini, Karena dengan sabun , virus tersebut akan hilang dengan sendirinya.

2. Selalu Bawa Hand Sanitizer

Meskipun hand sanitizer tidak langsung dapat membunuh virus corona, tetapi dengan menggunakan hand sanitizer dapat membantu untuk mencegah penyebaran virus corona saat kamu sedang berada di tempat umum dan tanpa sengaja menyentuh sesuatu yang terlihat kotor.

3. Hindari Menyentuh Tangan, Hidung dan Mata

Ketiga bagian tubuh tersebut merupakan pintu masuk utama bagi virus corona. Sebelum mencapai paru-paru covid-19 datang dengan cara masuk melalui ketiga bagian tubuh tersebut, maka dari itu sangat penting untuk kamu bisa lebih berhati-hati. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak menyentuh hidung dan mata, yang lebih penting kurangi kontak tubuh dengan orang lain.

4. Jaga Jarak Dengan Orang Yang Terlihat Kurang Sehat

Mungkin terdengar tidak sopan untuk menjauhi orang yang sakit. Tetapi ini adalah salah satu tindakan untuk pencegahan di wabah virus yang sedang terjadi ini. Orang yang tiba-tiba batuk atau bersin dapat mengeluarkan virus yang bisa menyebar sejauh 1 meter. Maka dari itu sangat penting untuk kamu selalu menjaga jarak dengan orang lain di tempat umum.

5. Gunakan Alat Safety Kesehatan Saat Berpergian

Yang saya maksud disini adalah bukan dengan menggunakan APD seperti para pejuang garis depan di rumah sakit. Tetapi alat keselamatan minimal yang mampu mencegah penularan virus corona tersebut. Gunakanlah Baju tangan panjang, sepatu, sarung tangan, masker, dan topi, ketahui lah virus ini tidak hanya menyebar melalui udara, tetapi covid-19 bisa bertahan di benda mati atau tempat umum selama beberap jam. Maka dari itu sangat penting untuk melindungi bagian tubuh kamu yang bisa bersentuhan langsung.

Itulah cara yang terbaik untuk mencegah penularan virus covid-19. Jadi dimohon dengan amat sangat untuk kamu yang tidak memiliki keperluan yang sangat penting, maka lebih baik untuk dirumah saja. Karena kapasitas dari rumah sakit di Jakarta sangat terbatas, Lalu jika kamu semua yang dijakarta terkena Virus corona siapa yang akan menampung dan mengobati kamu. Mari kita anggap serius masalah ini untuk kepentingan kamu dan negara ini agar semuanya kembali pulih seperti semula.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN