Cara Menjaga Asupan ASI Selama Puasa

Cara Menjaga Asupan ASI Selama Puasa

Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari, banyak yang membeli bahan makanan untuk kebutuhan selama bulan Ramadhan. Apalagi puasa bulan Ramadhan adalah wajib bagi semua muslim, tak terkecuali untuk ibu menyusui. Umumnya, ibu menyusui risau menjalankan puasa atau tidak. Alasannya khawatir ASInya tidak lancar dan membuat buah hati rewel akibat ASI tidak lancar

Memang, beberapa ibu menyusui dilarang puasa karena saran dari dokter. Misalnya karena suatu penyakit atau keadan ibu yang tidak mampu berpuasa, untuk ibu yang diperbolehkan puasa wajib menjaga asupan makanan dan minuman agar ASI berkualitas. Dijamin puasa lancar tanpa mengganggu kesehatan si kecil.

Cara Menjaga Asupan ASI Saat Puasa

ASI membutuhkan asupan makanan yang bergizi agar produksinya melimpah, saat kamu puasa usahakan menyantap makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu menjaga staminamu saat puasa walaupun tengah menyusui, berikut ada cara menjaga ASI Yang dapat diterapkan, yaitu:

1. Meminum Susu

Sejatinya, susu atau minuman berenergi untuk ibu menyusui mengandung beragam zat dan protein yang berguna untuk ibu dan anak. Apalagi susu mengandung kalsium sehingga tubuh tetap bugar dan sehat selama puasa, kamu wajib menambahkan susu saat sahur dan berbuka puasa.

Kamu enggan meminum susu karena tak menyukainya? Tenang saja, puasa tetap lancar kok. Yang terpenting meminum yang menyehatkan yang kamu sukai. Misalnya teh hangat, air madu hangat, atau minuman yang menyehatkan lainnya.

2. Penuhi Kebutuhan Serat

Megingat puasa dimulai sekitar jam 4 pagi sampai maghrib, lambungmu akan melonjak pesat. Alhasil menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, bahkan kebanyakan ibu menyusui mengeluh di awal-awal puasa. Mereka disergap letih dan rasa lapar yang teramat karena memberikan ASI sepanjang hari.

Untuk mengatasinya, penuhilah kebutuhan serat setiap hari agar puasamu lancar. Jangan sampai mengabaikan menu makanan sahur dan berpuka puasa seperti makanan siap saji, lebih baik mengkonsumsi sayuran dan diselingi daging agar kebutuhan vitamin terjaga. Diantaranya, sayururan hijau seperti bayam, kangkung, daun katuk karena dapat melancarkan produksi ASI.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Meminum air putih saat sahur enggan dilakukan karena membuat perut kembung dan mual, sayangnya hal tersebut membuat ibu menyusui dehidrasi. Agar stamina tetap terjaga penuhilah aturan meminum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari, kamu bisa membaginya saat malam hari, sahur dan usai berbuka puasa.

Selain itu meminum teh hangat dapat di variasikan agar semangat terjaga, apalagi teh di percaya mampu membangkitkan mood dan stamina tubuh. Dijamin aktifitasmu tidak terganggu walapun tengah menyusui.

4. Istirahat yang Cukup

Kurang beristirahat membuat produksi ASI menurun, apalagi kamu bangun sekitar jam 2 atau 3 pagi untuk sahur. Bisa dibayangkan dampaknya bagi kesehatan ibu dan produksi ASI, walaupun rutinitas padat berusahalah membagi waktu untuk istirahat. Tujuannya agar produksi ASI tetap melimpah sehingga tumbuh kembang si kecil lancar.

Kamu dapat beristirahat bersama si kecil saat tidur, jika ada kegiatan tak penting sebaiknya tunda dahulu. Dijamin saat buah hati bangun, kamu ikut semangat karena istirahat tercukupi.

5. Makan 3 Kali Sehari

Kebanyakan ibu menyusui makan hanya 2 kali sehari saat sahur dan berbuka puasa, tak ayal banyak yang mengeluh tak sanggup menjalani ibadah puasa. Walaupun puasa, aturan makan ibu menyusui harus 3 kali sehari sehingga kebutuhan nutrisi dan stamina tetap terjaga.

Caranya adalah menyantap makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Sementara makan siang diganti makan malam sekitar pukul 8 atau malam hari, agar tidak begah atau kekenyanagan konsumsilah makanan dan camilan seperlunya saja saat berbuka puasa.

Sebagai seorang ibu harus pandai mengatur waktu agar tidak ada yang terabaikan, jangan sampai menyusui menjadi halanganmu berpuasa. Pasalnya nikmat menjalani ibadah puasa Ramadahan dapat dilihat saat malam takbiran, hati bergitu tentram dan kembali suci, untuk itu ke 6 cara diatas dapat dipretekan agar berpuasa tetap semangat.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN