Cara buat mikroskop unik dengan smartphone

Cara buat mikroskop unik dengan smartphone

Apakah kalian tau? bahwa sebuah alat yang biasanya kita gunakan di lab namun bisa kita buat sendiri dirumah. Tentunya dengan alat yang sederhana, bahkan kalian hanya perlu menggunakan sebuah smartphone.

Selagi masa wabah ini, dan kalian juga gak bisa kemana-mana, mendingan kalian mencoba untuk membuat sebuah mahakarya nih. Mana tau bisa mengisi waktu sobat sekalian.

Jika sobat sekalian juga suka bermain game, mungkin sobat ingin bernostalgia dengan game lawas seperti game ps1 dengan ps2. Tapi kalian tidak punya konsolnya? Kalian tetap bisa kok bermain game ps1 maupun ps2 tanpa konsol menggunakan emulator PCSX.

Buat teman-teman, yang masih dalam masa persekolahan nih, selagi masa lockdown, dan tidak tau untuk melakukan kegiatan apa, kalian bisa membuat mikroskop ini sebagai pengisi waktu luang. Lumayan buat nambah ilmu dalam hal pelajaran biologi.

Dengan mengikut langkah berikut kalian juga bisa memiliki alat untuk melihat makhluk mikroorganisme. Namun jangan samakan hasil yang di dapat akan sama persis seperti hasil menggunakan benda yang sebenarnya.


Cara Membuat Mikroskop Unik Dengan Smartphone


Nah apa saja bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat mikroskop ini ? Berikut akan kita paparkan bahannya :

  • Smartphone

Sesuai dengan judul artikel ini, yaitu membuat mikroskop menggunakan smartphone. Tentu saja barang utama yang digunakan adalah smartphone.

Untuk apa digunakan smartphone? Kita memerlukan kameranya, yang nantinya akan kita gunakan sebagai lensa utama untuk mikroskop kita.

Untuk resolusi kamera disarankan menggunakan kamera yang beresolusi tinggi, agar hasil yang kita lihat akan terlihat lebih jelas nantinya.

  • Laser

Bahan berkutnya yang akan kita gunakan adalah laser.  Kalian dapat menggunakan laser mainan, yang mana dapat kita cari di toko mainan, atau pada kios di kaki lima. 

Untuk apa kita menggunakan laser mainan ini nantinya? Tidak ada hubungannya sama sekali dengan miksroskop bukan ?

Kita memang tidak menggunakan keseluruhan dari laser tersebut, melainkan kita hanya memanfaatkan lensa yang ada pada laser mainan tersebut. Jadi kalian perlu membongkar lensa tersebut terlebih dahulu untuk mengambil lensa di dalam laser mainan tersebut.

  • Plastik Tebal

Plastik tebal ini akan kita gunakan sebagai plakat, yang menjadi alternatif lain dari kaca. Dimana kalian bisa mendapatkan bahan plastik tebal ini ? 

Kalian bisa menggunakan map bening, ataupun plastik yang memiliki sifat yang kaku, karena dia lebih keras dari bahan plastik biasa. Maka dengan itu kita tidak disarankan untuk menggunakan bahan plastik belanjaan.

Namun jika kalian tidak ingin ribet, dan ingin mendapat hasil yang maksimal, kalian bisa menggunakan anti gores smartphone, karena memiliki sifat yang tebal, dan lebih kokoh.

  • Senter

Kalian memerlukan pengcahyaan untuk melihat objek yang kecil. Yang mana senter, cahayanya akan diarahakan kepada plakat.

Usahakan senter ini harus ada. Jika pada percobaan ini kita tidak memiliki senter, maka kita tidak akan bisa melihat objek yang dihasilkan oleh miksroskop buatan kita.

  • Objek

Tentu saja kita memerlukan sebuah objek yang akan diamati pada percobaan ini. Kalian bisa menggunakan objek apa saja untuk di tes.

  • Silet / Cutter

Kita memerlukannya untuk mengiris bagian dari objek. Kita memerlukan sedikit hasil dari irisan objek yang nantinya kita amati.

Bagaimana cara melakukan percobaan?

  • Letakkan plakat pada tempat yang sejajar. Usahakan tempat tersebut dapat kalian jangkau dengan nyaman, dan tidak mengganggu proses percobaan. Kalian bisa menggunakan tumpukan beberapa buku yang memiliki ketebalan yang sama, atau menggunakan meja kecil.

  • Pasangkan lensa laser pada lensa kamera smartphone.

  • Letakkan objek yang sudah diirs ke atas plakat plastik yang sudah di taruh diatas meja kecil ataupun tumpukkan buku.

  • Letakkan senter tepat dibawah plakat plastik yang telah ditata tadi.

  • Gunakan tripod pada smartphone yang kita jadikan sebagai lensa utama tadi, agar kita bisa melihat hasil yang jelas dan tidak bergoyang. Gunakan tripod yang memiliki ukuran pendek atau kalian sesuaikan dengan tinggi meja plakat.
     

Nah, mudah bukan tutorial membuat mikroskop unik dengan smartphone ini. Kalau kalian bosan #dirumahaja dan tidak tau mau ngapain, kalian bisa melakukan percobaan sederhana diatas untuk mengisi waktu luang kalian.

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN