Apa itu Ping Dalam Komputer atau Web ? Berikut Fungsi dan Caranya

Apa itu Ping Dalam Komputer atau Web ? Berikut Fungsi dan Caranya

Bagi kamu pengguna Komputer atau Web pasti tidak asing lagi dengan istilah "Ping". Ping merupakan sebuah fitur yang terdapat pada komputer atau laptop, bukan hanya terdapat pada komputer saja, sekarang ini Smartphone atau handphone juga dapat melakukan ping dengan menginstall aplikasi pendukung. Selain itu, beberapa situs web besar yang mendukung layanan internet tester juga kadang memasang fitur Ping untuk melengkapi fitur mereka.

Ping dalam komputer atau web juga memiliki fungsi yang harus kamu ketahui, adapun fungsi Ping adalah untuk mengirim test dari client menuju target dalam jarak jauh melalui koneksi TCP/IP (Transmision Control Protocol / Internet Protocol ). Adapun target seseorang ketika melakukan Ping adalah situs Web, Komputer, atau perangkat lainnya yang menggunakan IP Address.

Bukan hanya itu saja Fungsi pada Ping, kamu juga dapat mengetahui seberapa kencang layanan internet yang kamu gunakan pada perangkat kamu. Contohnya pada gambar dibawah ini saya menggunakan CMD.

Bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan Ping pada komputer kamu bisa ikuti cara berikut.

1. Pertama, tekan tombol kombinasi Windows + R,

2. Nanti akan muncul kolom search Run kemudian ketik CMD dan Enter,

3. Ketik perintah berikut " ping 192.168.43.121 " (Ganti dengan Alamat IP Komputer/Laptop) dan tekan Enter

4. Nanti akan muncul hasilnya seperti gambar diatas apabila berhasil.

Keterangan :

1. Reply Form : Ping mengirimkan serangkain pesan ke Alamat. Maka akan secara otomatis mengeluarkan baris konfirmasi pesan yang diterima komputer dari target,

2. Bytes : Bytes merupakan permintaan ping, maka dari setiap permintaan tersebut berukuran 32Bytes

3. Time : Time atau Waktu yang dibutuhkan antara penerima dan pengirim (Dalam penghitungan waktu Millisecond)

4. TTL : TTL merupakan singkatan dari Time To Live. Nilai dari 1 sampai 128, TTL Juga dapat digunakan untuk menghitung atau mengetahui berapa banyak jumlah jaringan yang berbeda yang dikirim oleh pesan Ping yang dilakukan dari komputer tersebut..

Postingan Terkait
KOMENTAR

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengunakan kalimat yang baik, dilarang mengandung SARA dan KEKERASAN